ikan oarfish pertanda gempa

jadibegitu – Kemunculan ikan oarfish membuat geger masyarakat, khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Sebab, ikan oarfish sering dikaitkan dengan pertanda / pengirim pesan bencana gempa dan Tsunami.

Biasanya menjelang detik-detik peristiwa tersebut, hewan bertingkah gelisah, cacing keluar dari dalam tanah, serta beberapa waktu lalu ada pemberitaan terkait Ikan Oarfish yang muncul dari dasar laut.

Kemunculan ikan ini seolah menguatkan mitos yang selama ini beredar di masyarakat. Apakah benar Oarfish menjadi pertanda bahwa bencana gempa akan segera datang? Berikut fakta-fakta ikan oarfish yang harus kamu tau:

1. Habitat Asli Yang Ada Dimana- mana

ikan oarfish habitat
From NgopiBareng.id

Berdasakan jenisnya, ikan oarfish hidup di berbagai macam lokasi. Untuk tipe Regaleus Glesne Ascanius ada di hampir semua lautan. Agrostichthys Parkeri ada di perairan Selatan seperti New Zealand, dan Regalecus Russelli ada di perairan Indo-Pasifik.

2. Dikaitkan dengan Gempa dan Tsunami

ikan oarfish ikan terpanjang
From JogjaUpdate

Kemunculan ikan oarfish sering dikaitkan dengan peristiwa Gempa dan Tsunami. Sebab, dilaporkan ada kemunculan ikan oarfish sebelum bencana gempa dan torrent yang terjadi di Jepang dan Indonesia (Palu).

Baca Juga :

3. Kita Bisa Konsumsi Ikan Tersebut

ikan oarfish penanda gempa
From Boombastis

Peneliti Taksonomi Ikan LIPI Teguh Peristiwady, mengatakan ikan oarfish pada dasarnya tidak berbahaya. Bahkan, daging ikan oarfish dapat dikonsumsi oleh manusia, WOW.

4. Pendapat Para Ilmuan Terkait Hal Ini

ikan oarfish panjang
From AgungScreamoBlog

Beberapa negara (terutama Jepang), sudah sangat meyakini jika kemunculan ikan ini adalah pertanda bahaya besar. Dari aman Japan Times, Kiyoshi Wadatsumi, seorang pakar gempa asal Jepang juga pernah mengatakan bahwa makhluk hidup bawah laut seperti Oarfish memang sensitif terhadap perubahan alam, sehingga ada sedikit aktivitas pergeseran saja ia bisa muncul ke permukaan laut.