jakartaa city perkotaan

Jadibegitu – Pidato untuk memindahkan ibukota ditegaskan kembali oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, selama pidatonya di Sesi Tahunan MPR 2019 dan dalam sesi bersama DPR dan DPD pada hari Jumat, 16 Agustus 2019. Dalam sambutannya, Bapak Joko Widodo menyampaikan beberapa hal penting, salah satunya adalah memindahkan ibu kota ke Kalimantan. Penghapusan modal tentu memiliki alasan tersendiri. Berikut 5 alasan mengapa ibu kota harus pindah dari Jakarta.

1. Meratakan Pembangunan Ke Luar Pulau Jawa

Pembangunan Merata Ke Luar Jawa

Jawa, terutama Jakarta, memiliki fasilitas dan infrastruktur yang memadai, ini karena pembangunan terus didorong. Meski begitu, masih banyak daerah di luar Jawa yang belum merasakan pembangunan yang memadai seperti di Jawa.

Dengan memindahkan ibukota ke wilayah lain atau pulau lain, pembangunan di wilayah itu diharapkan untuk berkembang lebih lanjut. Sehingga daerah lain selain Jawa bisa lebih maju dan bebas dari keterlambatan. Karena itu, pembangunan di Indonesia bisa lebih adil dan tidak hanya terfokus di Pulau Jawa.

2. Padatnya Penduduk Jakarta

Padatnya Penduduk Jakarta

Banyaknya pendatang baru ke Jakarta, baik pelajar maupun pencari kerja, membuat penduduk Jakarta semakin padat. Ini karena, sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, Jakarta dianggap mampu memberikan kesempatan kerja bagi pendatang baru.

Dengan memindahkan ibu kota, pemerintah berharap kepadatan penduduk dapat diarahkan ke daerah lain. Orang Indonesia dapat mencoba mencari peluang kerja di ibukota baru, sehingga distribusi penduduk dapat didistribusikan secara merata dan tidak hanya fokus pada Jakarta dan Jawa.

3. Kemacetan Yang Tidak Teratasi

Kemacetan Jakarta Yang Tidak Teratasi

Ibukota harus memiliki akses yang tertib, nyaman dan bebas dari kemacetan lalu lintas. Karena modalnya akan selalu kedatangan tamu negara dari beberapa negara yang membutuhkan akses jalan yang memadai. Kepadatan penduduk Jakarta telah menciptakan masalah baru, yaitu kemacetan lalu lintas yang kini semakin tidak terpecahkan.

Dengan pemindahan ibukota ke wilayah baru, pemerintah memiliki kesempatan untuk membangun modal dengan desain kota yang lebih bersih. Jadi, jika jumlah kedatangan di ibukota meningkat, pemerintah dapat mengantisipasi ini dari awal dengan merencanakan pembangunan yang baik dan teratur, sehingga tidak lagi menyebabkan kemacetan parah.

4. Banjir Tahunan Yang Sudah Menjadi Langganan

Banjir Tahunan Yang Sudah Menjadi Langganan

Selain kemacetan, masalah lain yang diderita Jakarta adalah banjir tahunan. Hampir 50 persen Jakarta termasuk dalam kategori rawan banjir. Banjir yang sering mengakibatkan kelumpuhan kegiatan ekonomi dan pemerintahan. Sejauh ini, pemerintah pusat dan kota Jakarta masih mencari cara untuk mengatasi banjir tahunan ini.

Memindahkan ibukota Indonesia ke daerah yang lebih aman dari banjir atau bencana lain dianggap cukup efektif dalam mengoptimalkan pengelolaan pemerintahan.

5. Indonesia Bukan Hanya Jakarta dan Bali. Memperkenalkan Daerah – Daerah Indonesia Yang Tak Pernah Ter-ekspos

Memperkenalkan Daerah - Daerah Indonesia Yang Tak Pernah Ter-ekspos. Bisma Samara  https://www.instagram.com/bismasp_/
Indonesia Bukan Hanya Jakarta, Indonesia itu Luas! by Bisma Samara – https://www.instagram.com/bismasp_/

Indonesia bukan hanya Jawa, negara ini memiliki banyak suku, budaya, nilai-nilai dan tradisi lain yang membentuk identitas Bhinneka Tunggal Ika. Selama masa ini, manajemen pemerintah lebih berfokus pada wilayah Jawa. Jadi identitas yang muncul bahkan kurang beragam.

Dengan memindahkan ibu kota Indonesia ke wilayah timur atau ke tengah kepulauan, diharapkan dapat mengangkat identitas orang Indonesia lainnya. Sehingga di masa depan, Indonesia dapat mewujudkan nilai kota yang modern dan elegan secara internasional, sambil mempertahankan dan mengangkat akar tradisionalnya.

Memindahkan ibukota negara bukanlah pekerjaan yang mudah. Ambil berbagai persiapan dan tentukan area mana yang cocok untuk digunakan sebagai pusat pemerintahan. Tetapi jika ini dilakukan demi Indonesia yang adil dan makmur, kita, sebagai masyarakat, harus sepenuhnya mendukung wacana pemerintah ini dengan bijak. Tidak kurang dari tidak sama sekali, semua ini hanya untuk Indonesia yang lebih maju.

Itu dia Mengapa Ibu Kota Harus Pindah ke Luar Jawa. Yahh pasti emang ada plus minus dan pro kontra nya. Tapi kalo Kebijakan itu memang terbaik untuk seluruh rakyat Indonesia. Kenapa Tidak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here