susah skripsi? ini cara bujuk dosen

Jadibegitu – Mahasiswa semester akhir sering menghadapi drama skripsi. Entah karena terlalu banyak revisi, karena mereka tidak bisa menemukan narasumber hingga masalah dengan dosen skripsi. Banyak pejuang skripsi yang mengeluh karena banyak dosen Skirpsi susah diajak kerjasama.

Ada yang jarang membalas chat kita, menunda bimbingan skripsi, bahkan tidak memiliki waktu sama sekali untuk bimbingan. Tapi gausah sedih cuy! Disini kita akan bahas caranya. Biar kan Aku lulus dengan cepat! 🙁

1. Jangan pasif cuy! Periksa jadwal dosenmu dan Tanyakan jadwal diluar dia mengajar

mahasiswa belajar pasif dikelas
From Flicker.com

Jika kamu tahu memiliki dosen yang super duper sibuk, ngurus anak, ngurus bini, ngurus rumah, ngurus kampung wkwkwk, jangan pasrah cuy! Kamu hanya perlu mencari tahu jadwal mengajar! Akan lebih baik jika kamu tanya jadwal dosen di luar jadwal kuliah.

Ketika sudah tahu jadwalnya, Kamu akan lebih mudah menyesuaikan jadwal dosen dengan bimbingan. Dosen pasti akan melihat dan menghargai usaha mu, yang sudah mengetahui jadwal bimbingannya. Intinya kamu udah dihargai karena kamu Niat!

2. Follow akun sosial media dosenmu cuy! Lagi dimana, sibuk atau tidak dosenmu.

cari tahu media sosial nya
From huffpost.com

Jaman Now, tidak hanya mahasiswa aja yang suka bermain media sosial. Dosen pun begitu. Banyak dari mereka yang ingin berbagi kisah kehidupan mereka sehari-hari melalui media sosial. Tidak ada salahnya kamu nge-follow akun media sosial mereka.

Kamu juga bisa memantau keberadaannya dimana. Dari sini, Kamu juga bisa tahu waktu yang tepat untuk bertemu dosen.

3. Beri alasan ke dosen pembimbing tentang kenapa kalian harus cepat lulus

From studyindenmark.dk

Banyak dosen yang tidak menyadari bahwa mahasiswa mereka ingin cepat lulus. Misalnya, karena alasan keuangan, alasan pekerjaan, atau alasan ingin segera menikah. Jika dosenmu tidak tahu penyebab spesifik nya, itu akan memperlambat Bimbingan mu cuy!. Dosenmu berpikir, kalo Anda bersantai – santai berarti ingin menikmati masa Perkuliahan alias gak ingin lulus!

Jangan biarkan dosenmu memiliki pikiran seperti itu, ya! Kamu harus meyakinkan dosen bahwa kamu harus dan dapat lulus tepat waktu.

4. Jika bimbingan sukses, siapkan materi dan pertanyaan sebanyak mungkin. Kalo datang tangan kosong buat apa?

mendengarkan bimbingan dosen
From aber.ac.uk

Akhirnya, kamu berhasil bimbingan sama dosen! Pasti kamu senang setelah sekian lama menunggu balasan dosen yang susah diajak kerjasama ini. Tapi ingat! Jangan sampai rasa senang membuatmu lupa hal yang lebih penting! Kamu harus menyiapkan materi bimbingan dengan baik. Siapkan juga pertanyaan yang banyak.

Waktu bimbingan sudah susah didapat, jangan sampai disia-siakan! Kalau saat bimbingan kamu malah gak konsentrasi karena belum menyiapkan materi, dosen pun akan makin malas buat membimbingmu.

5. Ketika bimbingan, catat atau rekam proses bimbingannya.

Ketika bimbingan, catat atau rekam proses bimbingannya.
From Pixabay.com

Jangan lupa untuk selalu mencatat atau merekam proses bimbingan! Hal ini untuk meminimalkan celah harus bertanya lagi di kemudian hari.

Dengan mencatat dan merekam proses bimbingan, kamu bisa memberi ‘bukti’ apabila dosen tidak kooperatif di lain hari. Mereka bisa tiba-tiba mengganti metode, konsep, atau apa pun yang gak sesuai dengan bimbingan tempo sebelumnya.

Edit by : Rizky Muhammad Latief
Lihat Artikel Sebelumnya Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here