Home Tips 5 Sajian Masakan Sehari-hari Berbahan Mi Telur. Semua Bisa Masak Tak Terkecuali...

5 Sajian Masakan Sehari-hari Berbahan Mi Telur. Semua Bisa Masak Tak Terkecuali Istri Baru

0
131
Menyiapkan menu masakan untuk lauk sehari-hari itu susah-susah gampang. Paling-paling kalau lagi repot, bikin telur dadar atau goreng tempe saja beres. Tapi kalau cuma menyediakan telur dadar atau goreng tempe saja, rasanya masih ada yang kurang ya? Gimana kalau kamu coba memasak menu lauk yang berbahan mi telur? Selain mudah didapat, harganya terjangkau, menu ini juga bisa bertahan lama dan nggak mudah bau.

Berikut aneka menu lauk dari mi telur yang sudah Hipwee Tips kumpulkan khusus buatmu. Biasanya menu-menu ini nih yang bakal disukai, pun bisa dimasak oleh siapa saja. Habis gampang sih bikinnya…

1. Sebungkus mi telur bisa kamu olah jadi Mi Goreng Jawa Spesial yang enaknya nggak kalah sama yang dimasak abang-abang kaki lima

Mi Telur Goreng Jawa via resepkoki.id

Bahan-bahannya:

  • 1 bungkus mi telur, rebus hingga matang lalu tiriskan dan tambahkan 1 sendok makan minyak goreng biar nggak lengket, aduk rata
  • 5 butir bakso sapi, potong
  • 100 gram udang
  • 200 gram kol, potong-potong
  • 200 gram caisim, potong-potong
  • 2 tangkai daun bawang, potong bulat
  • 1 tangkai daun seledri, potong kasar
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 2 sdm kecap manis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 5 butir kemiri
  • 1/4 sdt merica
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah

Cara memasaknya:

Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan bakso dan udang, tumis hingga berubah warna lalu tambahkan telur. Setelah telur matang, masukkan sayuran, garam, dan gula. Masukkan mi dan kecap. Lalu aduk hingga bumbunya merata. Angkat dan sajikan.

Sumber: https://www.bango.co.id/resep/detail/60/mie-goreng-jawa

2. Martabak dengan isian mi, telur dan kornet, siapa yang nggak mau? Gorengan ini jadi alternatif kalau kamu dan keluarga bosan dengan tempe dan tahu

Martabak Mi Telur Kornet via www.royco.co.id

Bahan-bahan:

  • 100 gram mi telur
  • 4 butir telur
  • 50 gram kornet sapi
  • 1 batang daun bawang
  • 12 lembar kulit lumpia
  • 1 sdm tepung terigu yang diaduk dengan air sebagai perekat
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Campurkan telur, mi telur yang telah direbus, kornet dan daun bawang.
  2. Letakkan campuran mi di tengah kulit lumpia, lipat kotak dan rekatkan dengan perekat tepung.
  3. Goreng sampai kecokelatan dan tiriskan.

Sumber: https://www.royco.co.id/Ide-Resep/martabak-mie-telur-kornet.html

3. Mi telur pun bisa dimasak dengan adonan telur asin lo. Rasa yang kuat dari telur asin ini pas banget kalau dimakan bareng nasi hangat

Mi Goreng Telur Asin via www.nibble.id

Bahan-bahannya:

  • 200 gram mi telur, rebus dan tiriskan
  • 8 siung bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 8 buah cabai rawit merah, iris tipis
  • 10 lembar daun jeruk, buang tulangnya dan iris tipis
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Adonan telur asin:

  • 3 butir kuning telur asin mentah
  • 2 sdm minyak goreng

Cara membuatnya:

  1. Campurkan kuning telur asin dengan minyak goreng, aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai rawit dan daun jeruk. Tumis hingga semua bahan layu.
  3. Masukkan mi telur, aduk rata.
  4. Terakhir masukkan adonan telur asin, tambahkan garam dan merica, aduk rata. Sajikan selagi hangat.

Sumber: https://www.dapurumami.com/resep/mie-telur-asin-8zFqe

4. Siapa bilang bikin pasta bolognese itu harus pakai spageti? Kamu juga bisa menggantinya dengan mi telur lo. Lebih nusantara

Mi Telur Bolognese via www.foodnetwork.com

Bahan-bahannya:

  • 20 gram mi telur, rebus dan tiriskan
  • 1 bungkus saus bolognese
  • 50 gram daging cincang
  • 1 butir telur
  • 20 gram tepung terigu
  • 150 ml air (untuk masak saus bolognese)
  • 1 liter air (untuk merebus bola-bola daging)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 merica
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuatnya:

  1. Siapkan wadah, masukkan daging cincang, tepung terigu, telur, garam dan merica. Aduk rata dan bentuk bola-bola kecil, rebus sampai matang.
  2. Panaskan 150 ml air, masukkan saus bolognese, aduk-aduk dan masukkan 2 sdm minyak goreng, masak hingga saus mengental dan matang.
  3. Tambahkan mi telur rebus dan bola-bola daging, aduk rata. Sajikan.

Sumber: https://www.happyfresh.id/blog/resep-mie-telur-bolognese/

5. Nggak ketinggalan, Mi Telur Rebus Kuah Pedas yang cita rasanya bisa bersaing dengan mi dog-dog ala burjo atau warmindo

Mi Telur Kuah Pedas via www.qraved.com

Bahan utama:

Bahan kuah:

  • 1200 ml kaldu ayam
  • 5 batang daun bawang, potong kecil-kecil
  • 2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam

Bahan tumisan ayam:

  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 100 gram ayam giling
  • 100 gram jamur kancing, iris tipis
  • 2 sdm saus tiram
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap manis
  • 10 butir telur puyuh

Bahan Pelengkap:

  • 100 gram tauge
  • 100 gram wortel yang telah direbus dan dipotong memanjang korek api

Cara memasaknya:

  1. Panaskan minyak, masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis sampai harum.
  2. Masukkan ayam giling, tumis hingga berubah warna. Masukan jamur, saus tiram, garam, merica, kecap manis dan telur puyuh. Masak sampai hingga matang.
  3. Untuk kuah pedasnya: Tumis bumbu halus sampai matang, kemudian tuang ke dalam rebusan kaldu yang telah mendidih. Taburkan daun bawang dan masak sampai mendidih.
  4. Tata mi di atas mangkuk, tambahkan tumisan ayam di atasnya, lalu siram dengan bumbu kuah pedas. Sajikan selagi hangat.

Sumber: https://selerasa.com/resep-bumbu-dan-cara-membuat-jawa-mie-kuah-pedas-yang-sederhana-namun-tetap-enak

Kalau kamu sudah menguasai 5 resep sajian lauk berbahan mi telur ini, nggak lagi harus bikin mi goreng instan setiap saat lagi. Meski sama-sama mi, aneka masakan mi telur ini tentu lebih variatif dan rasanya nggak cuma rasa bumbu mi instan yang micin-micin doang. Yuk, segera ke dapur dan prakikkan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here