Inilah Alasan Kenapa Pesawat Berwarna Putih! Pasti Baru Tau!

0
129
Sunset Pesawat

Sebuah benda yang terbuat dari baja dan dia bisa terbang, benda ini biasa kita sebut dengan nama Pesawat. Mayoritas pesawat berwarna putih, siapapun maskapainya. Apakah pernah terlintas di benak xobat, kenapa pesawat ini di cat putih? Apakah kebetulan, atau hanya rekayasa elit global?

Memang benar jika maskapai penerbangan mempunyai ciri khasnya tersendiri, baik itu logo dan tulisan, tapi tetap saja warna yang dominan adalah putih. Berikut adalah beberapa alasan, kenapa pesawat berwarna putih.

Warna Putih = Awet

Alasan pertama,  putih adalah warna yang tahan lama, meskipun sring terkena sinar matahari warna ini lebih tahan lama dibandingkan dengan warna lain. Selain itu, warna putih adalah reflektor hebat sinar matahari dan mencerminkan hampir semua cahaya yang jatuh di atasnya, tidak seperti warna lain yang menyerap beberapa cahaya.

Lebih Irit

Bukan irit bensin, melainkan irit dalam biaya operasional. Jika body pesawat di cat warna-warni macam pelangi, belum lagi jika ditambah logo, tentu hal ini akan menambah biaya pengeluaran bukan? Biasanya dalam sekali mengecat, membutuhkan biaya sekitar $50,000 sampai $300,000, jika di rupiahkan maka nilanya lebih dari 100 ribu, tepatnya Rp. 4,5 miliar. Data ini diambil dari beberapa tahun lalu, kalau sekarang pasti lebih mahal.

Mempermudah Pengecekan

Pesawat yang berwarna putih, akan lebih mudah dalam mendeteksi kerusakan. Hal ini sangat membantu petugas saat pengecekan rutin. Petugas sendiri diwajibkan secara rutin untuk mengecek apakah ada keretakan atau ada tidaknya korosi pada permukaan pesawat (untuk alasan keamanan).

Mudah Dijual

Jika badan pesawat memiliki warna dominan putih, pesawat itu akan lebih ekonomis jika ingin dijual kembali. Pasalnya, pihak pembeli atau penjual tidak perlu mengecat ulang. Karena tujuan akhir dari sebuah perusahaan penerbangan adalah untuk meminimalkan biaya sebanyak mungkin. 

Menghindari Burung

Sudah sering terdengar kecelakaan pesawat akibat sekawanan burung. Kita tahu bahwa pesawat tidak punya kaca spion, jadi bisa dipastikan pesawat tidak bisa menghindari mereka. Untuk mengantisipasinya, maka dibalutlah pesawat dengan warna putih. Menurut studi yang dilakukan oleh Purdue University dan National Wildlife Research Center tahun 2011, mata burung lebih mudah mendeteksi pesawat berwarna putih. 

Nah, begitulah alasannya. Sekarang sudah pahamkan? Satu hal lagi, tolong jangan pernah teriak ke pesawat untuk minta duit, inget xob, ente udah gede!


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here