Jatim Self Assessment
Jatim Self Assessment

jadibegitu – Pada hari Rabu, 18 Maret 2020 lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan aplikasi bernama Jatim Tanggap Covid-19. Dengan aplikasi ini semua orang bisa mengecek secara mandiri kondisi tubuhnya apakah ada indikasi terserang COVID-19 atau tidak. Aplikasi bisa diakses melalui laman web yang bisa diakses menggunakan komputer, laptop, tablet dan handphone.

Alat pengecekan diri atau Self Assesment ini merupakan alat sederhana yang bisa membantu menentukan apakah masing-masing individu sehat-sehat saja atau ada gejala yang memerlukan penilaian, pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut untuk COVID-19.

Baca Juga : Kenapa Italia Menjadi Negara Yang Terinfeksi Corona Tertinggi Setelah China ?

Laman Self-CheckUp COVID-19
Laman Self-CheckUp COVID-19

Ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi browser Anda, baik itu Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer, atau aplikasi browser lainnya.
  2. Masuk ke laman web: https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
  3. Anda masuk di halaman Home, di sana juga terdapat informasi seputar COVID-19. Informasi tersebut tersedia di menu KENALI, KAMUS, BERITA, dan RUJUKAN.
  4. Klik tombol Mulai
  5. Anda akan masuk di halaman khusus informasi tentang Self-CheckUp.
  6. Klik tombol Cek diri anda Sekarang
  7. Anda akan masuk di halaman Aplikasi yang berisikan beberapa daftar pertanyaan untuk mengecek kondisi fisik Anda. Silahkan klik tombol Cek diri anda sekarang!
  8. Mulailah isi jawaban setiap pertanyaan yang diajukan hingga selesai akan muncul halaman kesimpulan.
Laman kesimpulan Self-CheckUp COVID-19 jika kesimpulannya kemungkinan besar tidak terinfeksi COVID-19

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pada Rabu (18/3/2020) malam di Gedung Negara Grahadi, Surabaya menyampaikan “Alat Self Assesment ini diadaptasi dari Self Assesment Covid-19 dari British Columbia, Kanada. Dalam alat ini masyarakat dapat menyelesaikan penilaian ini untuk diri sendiri maupun orang lain.”

Baca Juga : Protokol Kesehatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) Di Indonesia

Kegunaan aplikasi ini tentu saja adalah untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan pengecekan secara mandiri terlebih dulu, sehingga tidak perlu antre di rumah sakit.

Apakah Anda sudah melakukan Self-Check Up? (JB)