Tips Work From Home
Photo by Avel Chuklanov on Unsplash

Karena COVID-19 kita terpaksa harus melakukan WFH, Work From Home. Dalam kenyataannya, kita berasa seperti mendapatkan liburan panjang, dan akhirnya menjadi tidak produktif. Oleh sebab itu kita tetap harus menetapkan batasan antara pekerjaan dan kehidupan di rumah agar keduanya berjalan seimbang.

Kesulitan yang sering dihadapi saat bekerja dari rumah adalah gangguan dari penghuni rumah lain, merasa lebih santai, dan yang paling menganggu adalah intimidasi bahwa ada tugas rumah lainnya yang perlu diselesaikan, seperti tumpukan cucian atau piring kotor. Ada pula godaan untuk menonton televisi, atau bahkan serial video yang belum selesai ditonton.

Nah, berikut 7 tips agar produktif saat Work From Home:

1. Tentukan area kerja

Area kerja dirumah
Photo by Tran Mau Tri Tam via Unsplash

Sediakan ruangan atau lokasi sudut di rumah, yang memang khusus untuk tempat kita menyelesaikan pekerjaan. Ini akan membuat kita bisa menyeimbangkan antara kehidupan rumah dan pekerjaan. Sebisa mungkin pilih area yang jauh dari keributan di rumah atau kita bisa menyulap garasi rumah sebagai kantor pribadi kita. Jika kita tak memiliki ruangan yang memadai, pilih kursi atau sofa yang nyaman. Sediakan meja portable untuk laptop agar kita bisa bekerja dalam posisi yang nyaman.

2. Beri penjelasan pada penghuni rumah lainnya

Beri penjelasan pada penghuni rumah lainnya
Photo by Amy Hirschi via Unsplash

Beritahu pada anak atau siapapun yang ada di rumah Anda jam kerja Anda, kapan Anda bisa diganggu, dan kapan Anda benar-benar harus fokus bekerja.

3. Tetap menggunakan jam kerja reguler

Tetap menggunakan jam kerja reguler
Photo by Christin Hume via Unsplash

Bekerja dari rumah bukan berarti jam kerja menjadi berbeda dengan biasanya. Tetap jadwalkan jam kerja dengan cara yang sama seperti bekerja di kantor.

4. Tetap profesional dengan pakaian seperti berangkat ke kantor

Tetap profesional dengan pakaian seperti berangkat ke kantor
Photo by Hunters Race Via Unsplash

Walau sebenarnya bekerja di rumah tidak memerlukan pakaian khusus, tetap setidaknya pakailah busana yang sopan sehingga Anda tetap pada mood bekerja. Ini bisa membuat Anda selalu sadar bahwa Anda sedang bekerja, cuma saja harus dari rumah.

Baca Juga : 8 Trik Cerdas Berhemat Saat Skripsian, Biar Nggak Berulang Nge-Print ke Tukang Fotokopian

Baca Juga : Tips Selesaikan Skripsi Buat Kamu Mahasiswa di Semester Tua. Begini caranya!

Baca Juga : Bingung Cari Tempat Nongkrong di Surabaya? Tempat ini Recommended Banget Buat Kamu!

5. Pertahankan konsistensi

Pertahankan konsistensi
Photo by Mimi Thian via Unsplash

Lawan godaan untuk menghentikan rutinitas, ketika ada tontonan televisi, keinginan untuk mandi, menghampiri meja makan (lalu makan lagi),  cuci pakaian di jam yang seharusnya dipakai untuk bekerja. Pertahankan hal-hal yang konsisten tersebut, sama seperti bila kita bekerja di kantor demi menjaga kesehatan mental kita.

6. Maksimalkan teknologi untuk mendukung pekerjaan

Maksimalkan teknologi untuk mendukung pekerjaan
Photo by Marvin Meyer via Unsplash

Persiapkan semua teknologi yang membantu kita agar lebih produktif, video call, penggunaan digital platform, digital classroom, untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja. Tanpa semua teknologi itu, kita tak mungkin bisa bekerja dengan maksimal di rumah.

7. Buat daftar prioritas dan target

Daftar prioritas dan target
Photo by Thought Catalog via Unsplash

Menghabiskan seluruh waktu untuk menyelesaikan pekerjaan bukan pula hal yang baik. Perjelas apa yang ingin kita capai pada hari itu, meskipun tidak harus kita menghabiskan waktu seharian, jadilah lebih goal oriented, berdasar pada target yang harus dicapai. Tetap buat daftar tugas dan prioritaskan berdasarkan tingkat urgensi.

Selamat bekerja dari rumah! Stay healthy, stay clean! (JB)