narkoba berbahaya

JadiBegitu.com – Akhir akhir ini kita mendengar kabar Seorang Aktor Muda Berparas tampan Jefri Nichol ditangkap oleh penyidik Polres Metro Jakarta Selatan atas dugaan kasus penyalahgunaan narkotika / narkoba. Penangkapan Jefri Nichol pun menambah panjang daftar artis yang ditangkap karena terjerat kasus narkoba.

Narkoba merupakan masalah besar di berbagai negara termasuk di Indonesia, obat terlarang ini mengancam masa depan generasi Indonesia dengan mengajak remaja untuk menggunakannya. Membicarakan mengenai narkoba maka harus ada solusi tepat dan juga cepat untuk menghindari narkoba khususnya para remaja. Berikut Cara Menghindari Narkoba buat para Remaja.

1. Selektif dalam Pergaulan

Ketika masa remaja datang memang rasa penasaran dan ingin tahu sangatlah tinggi, untuk itu remaja sering mencoba hal-hal yang bisa dibilang aneh, nyentrik dan berbeda. Namun hal ini tidak berlaku untuk narkoba karena berbahaya dan membuat siapapun merasa kecanduan. Hal pertama yang bisa digunakan untuk menghindari narkoba.

Biasanya teman yang menjebak akan mengatakan para remaja tersebut pengecut atau penakut jika tidak berani mencoba narkoba. Padahal efek yang akan ditimbulkan akan panjang dan merusak hidup, belum lagi jika anda tidak bisa lepas sampai terjadi kematian atau Overdosis. Cobalah cari teman yang sama-sama “gentlemen” dan menantang tanpa harus bersikap negatif.

2. Jangan Pernah Mencoba

Kesalahan terbesar semua remaja yang terjebak di narkoba adalah karena mereka bermula dari keinginan mencoba, kemudian ketagihan, kecanduan dan akhirnya overdosis. Perlu diingat bahwa narkoba bukanlah sesuatu yang bisa dicoba, sekalipun iman anda tebal atau keinginan anda hanya untuk ingin tahu saja.

3. Lakukan Kegiatan Positif

Selanjutnya adalah kegiatan positif, beberapa remaja yang terjebak oleh narkoba bisa terjadi akibat tidak adanya kegiatan yang mengisi waktu luang mereka. Remaja memiliki masa pertumbuhan yang tinggi, karena itulah mereka harus menyalurkan kegiatan dan juga energi mereka. Seringkali remaja yang tidak memiliki kegiatan positif mencari-cari masalah untuk mengisi waktu luang mereka yang membosankan.

Khusus untuk para remaja yang ingin menghindari masalah narkoba maka salurkan kegiatan dan passion dengan hobi yang positif seperti halnya olahraga, melukis, menulis, dan lain sebagainya.

Selain meningkatkan keterampilan bahkan para remaja ini bisa brprestasi dan memberikan ide yang bagus di antara teman dan lingkungannya. Ditambah lagi mereka yang mengisi hidup dengan waktu luang lebih bahagia dan merasa senang.

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Yang Berlebihan Baca Juga.

Jefri Nichol Narkoba
Jefri Nichol Tertangkap Narkoba From DetikNews

4. Hindari Keluyuran Malam

Apa kesan anda ketika remaja keluar main saat malam ? remaja tidak memiliki kehidupan malam kecuali mereka yang salah pergaulan. Untuk menghindari narkoba baiknya para remaja tidak pergi atau main ketika malam hari, karena pada waktu tersebut orang yang tidak baik, preman, orang-orang yang berkeliaran di jalanan melakukan berbagai hal buruk dan bahaya.

Untuk itu, cobalah untuk tidak keluar malam karena para peminum alkohol, berjudi, menggunakan narkoba, melakukan seksual dan lain sebagainya. Keluar malam bisa menjadi masalah terutama untuk anda yang tinggal di perkotaan. Karena Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Jiwa Remaja sangatlah tinggi dan kasus remaja terkena penyalahgunaan narkoba rata-rata dari lingkungan yang salah. Itu cara ke 4 menghindari dari Narkoba

5. Jangan Melawan Nasehat Orang Tua

Sebenarnya orang tua menginginkan anaknya untuk menjadi anak yang baik dan tidak melawan orang tua. Begitupun dengan nasihat hindari narkoba karena berdampak buruk untuk anda.

Biasanya anak-anak memang berani melawan orang tua, cara lainnya coba beri nasihat dengan cara yang baik dan berbeda. Gunakan bujukan jika sekiranya mereka sudah menyerempet untuk melakukan tindakan yang melanggar norma termasuk menggunakan narkoba. Faktor yang Mempengaruhi Emosi Pada Remaja juga bisa dari lingkungan dan narkoba, maka kenali sikap anak atau remaja disekitaran anda.

6. Selesaikan Masalah Anda

Untuk anda yang melarikan diri masalah ke arah narkoba khususnya para remaja maka cara tersebut salah. Setiap orang jelas memiliki masalah dalam hidupnya. Berat maupun ringan itu sudah diatur sesuai kemampuan dan porsinya masing-masing. Anda harus lebih tegar dan bisa mencari solusi dari masalah tersebut.

Untuk itu hindari masalah dengan cara menggunakan narkoba agar merasa tenang dan sebagainya. Narkoba tidak akan menyelesaikan masalah anda dan tidak membawa anda pada kebahagiaan karena Pengaruh Narkoba Terhadap Kesehatan Jiwa sangatlah buruk dan tinggi.

Terlepas dari mencoba menghindari narkoba itu sulit, sebaiknya kamu jangan berada di lingkungan pecandu narkoba. Karena lingkungan merupakan faktor terbesar mengapa remaja sampai terjebak dan menggunakan narkoba. Hal tersebut bisa memicu seseorang yang tadinya sama sekali tidak berpikiran untuk menggunakan narkoba malah terbalik menggunakan dan merasakannya. Itulah Cara Menghindari Narkoba buat para Remaja. Kita harus belajar dari Artis – artis yang menggunakan dari Kasus Jefri Nichol ini. Cheers Up!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here