benteng pendem ngawi jadibegitu
From Piknikyuk.com

JadiBegitu – Benteng Pendem Ngawi Jawa Timur atau lebih dikenal sebagai benteng van den bosh, Dibangun sekitar tahun 1839 hingga tahun 1845 atas prakarsa gurbenur jendral van den bosh, pembangunan ini melibatkan banyak insinyur dan juga pekerja rodi.

Dengan memiliki banyak cerita dan Sejarah yang sangat menarik, maka tak salah benteng bersejarah ini dapat dijadikan tempat yang cocok buat kamu para Millennials kembali belajar Sejarah tentang masa Penjajahan Bangsa Belanda di Indonesia.

Kenapa Disebut Benteng Pendem?

Benteng Pendem merupakan wisata Sejarah tersembunyi yang menyimpan sejarah bangsa Indonesia di masa lalu. Meski tampilan bangunan masih kokoh berdiri, ternyata beberapa bagian rusak dan lapuk karena termakan usia.

Benteng ini disebut benteng pendem karena disekitar benteng tersebut dikelilingi oleh gundukan tanah seolah olah benteng ini tersembunyi, jadi apabila ada musuh yang ingin menyerang benteng tersebut tidak akan terlihat.

Lokasi Strategis Pada Jamannya

lokasi benteng pendem ngawi
From Google Maps

Lokasi benteng ini tidak jauh dari pertemuan antara 2 sungai besar, mengingat lokasi ini digunakan untuk keperluan militer, perdagangan dan juga untuk pengangkutan hasil bumi.

Benteng ini merupakan salah satu dari bagian politik dan salah satu benteng istimewa yang ada makam salah seorang pejuang bangsa. Makam yang ada disini tidak hanya satu salah satu nya makam dari para pekerja paksa yang ada di dalam sumur.

Penjara dan Makam Tua Yang Angker

Didalam benteng pendem terdapat penjara yang terbagi menjadi 4, dari yang besar,ke semi besar,sedang dan kecil  ukuran dari penjara memperlihatkan bahwa pemerintah belanda pada waktu itu menghukum seseorang  mengikuti bentuk dari penjara ini semakin kecil penjara maka semakin besar tindak pidana yang diperbuat, penjara dengan ukuran kecil yang ada didalam benteng adalah penjara jongkok.

Beberapa tahanan waktu itu yang dianggap menentang kebijakan dari pemerintah kolonial dan juga menentang pembangunan benteng  yaitu sistem tanam paksa dan juga beberapa yang dianggap berbahaya salah satunya anggota dari KH. Muhammad Nur Salim.

Spot region yang ada disini salah satunya area makam KH. Muhammad Nur Salim. Beliau adalah Seorang yang dulu melawan kebijakan dari militer belanda, lalu beliau syiar agama islam di kabupaten ngawi jadi beliau merupakan salah satu orang yang berjasa selain mengibarkan semangat juang dan juga menyiarkan agama islam, disini juga beliau melawan tentang tindak keji dari pemerintah kolonial pada waktu itu.

Sumur Tua Horor dan Penuh Sejarah

benteng pendem ngawi
From PiknikYuk.com

Sumur yang berada dalam benteng dipergunakan sebagai tempat pembuangan bahkan sebagai tempat eksekusi para pekerja rodi yang di masukan ke dalam sumur, beberapa korban yang waktu itu dimasukan ke dalam sumur tersebut tidak semuanya dalam kondisi yang sudah wafat.

Benar – benar sadis, Selain wafat adapun orang – orang yang sakit ada yang sudah lemah bahkan yang tidak sanggup dengan pekerjaan nya akan disiksa atau lain langsung dimasukan kedalam sumur hidup – hidup. Itu Alasan mengapa sumur tua ini begitu angker untuk dikunjungi.

Siang Hari adalah waktu yang cocok untuk belajar sejarah dari Benteng ini, Namun Malam hari juga sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar memperkuat nyali hehehe.

Editor: Faizal Rachman Amirullah

Baca Artikel Faisal Dani Lainnya :
Gak Cuman di Mesir! Ternyata Piramida Juga Ada di Berbagai Belahan Dunia!
4 Keajaiban Dunia Yang Baru Terungkap Saat ini di 2019. WOW!
Peninggalan Megah Peradaban Islam di Eropa Yang Masih Tertinggal Hingga Sekarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here