Seperti halnya Arya Permana, penderita obesitas yang telah berhasil menurunkan bobot tubuhnya secara drastis, masalah lanjutan yang kerap dialami oleh pelaku diet adalah kulit yang bergelambir atau excess skin. Kelebihan kulit dan lemak ini biasanya muncul pada penderita obesitas yang berat badannya menurun dalam waktu yang relatif singkat. Elastisitas kulit dan jaringan ikat yang melemah karena terus-terusan dipaksa meregang ini nggak mampu lagi merapat kembali seperti semula.

Memang, nggak ada cara yang mudah untuk mengembalikan kekencangan kulit usai penurunan berat badan. Tapi, ada baiknya kamu lakukan upaya pencegahan ini sembari menjalani diet agar kulitmu nanti nggak bergelambir setelah berhasil menyusutkan angka timbangan.

1. Ketika kamu menyadari bahwa berat badanmu udah ‘nggak wajar’ lagi, jangan tunda untuk berdiet sedini mungkin

Segera berubah! via www.medicalnewstoday.com

Seiring pertambahan usia, maka kolagen dan elastin dalam kulit yang menunjang kekencangan dan elastisitas pun mengalami penurunan. Makanya, ketika penurunan badan yang terlalu cepat terjadi di usia dewasa (terutama), risiko munculnya kulit gelambir juga semakin besar.

Untuk mencegah hal ini, segera perbaiki pola makan ketika kamu menyadari bahwa berat badanmu udah nggak bisa ditoreransi lagi. Mumpung belum melar banget dan mumpung kulitmu masih elastis.

2. Jangan terburu-buru, pilih metode diet yang bertahap ketimbang yang instan. Selingi dengan latihan otot juga ya!

latihan otot via www.everydayhealth.com

Penurunan berat badan yang terlalu cepat dan ekstrem akan menghilangkan lebih banyak massa otot dibandingkan lemak. Alhasil, kulit pun jadi kendur. Makanya, kamu harus cermat memilih program penurunan berat badan yang akan dijalani, jangan yang instan seperti melakukan operasi misalnya.

Selingi juga dengan latihan kekuatan otot seperti angkat beban, push up, atau squat untuk membantu membangun massa otot. Kamu juga bisa mencoba beberapa jenis olahraga untuk membangun massa otot seperti yang pernah Hipwee Tips bahas di sini.

3. Perbanyak asupan kaya protein, vitamin dan omega-3 yang akan menyuplai ketersediaan kolagen dalam kulit

asupan tinggi kolagen via humanandkindorganics.blog

Penuhi keseharianmu dengan mengonsumsi makanan yang tinggi protein, vitamin dan juga omega-3 yang akan menunjang kekencangan dan elastisitas kulit. Misalnya seperti daging, ikan dan salmon, telur, kacang-kacangan, susu, sayuran hijau, dan buah-buahan. Serta mengurangi makanan tinggi gula seperti nasi dan karbohidrat olahan, kemudian menggantinya dengan karbohidrat yang sehat adalah seperti oatmeal, nasi merah, atau roti gandum.

4. Nggak hanya soal makanan, kamu pun perlu banget mencukupi kebutuhan minum air putih setiap harinya

penuhi asupan air putih via www.medicalnewstoday.com

Konsumsi air putih yang cukup diyakini bisa membuat kulit tetap sehat, tampak segar dan kencang. Makanya, seperti apa pun pola makan yang sedang dijalani, biasakan untuk minum air putih rutin setiap hari. Karena hidrasi yang cukup merupakan salah satu kunci menjaga dan meningkatkan elastisitas kulit. Biar lebih lebih lancar lagi pencernaanmu, rutinlah minum air hangat setelah bangun tidur yang manfaatnya luar biasa ini.

5. Lakukan pemijatan secara rutin juga bisa membantu mengencangkan otot dan kulit selain menghilangkan capek dan pegal-pegal

Memijat kulit menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa akan merangsang sel-sel dalam tubuh dan membantumu mengencangkan kulit agar terhindar dari kendur atau bergelambir. Kenapa? Karena pemijatan akan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kulit sehingga membuat jaringan dan otot di bawah kulit sedikit kencang.

6. Jangan andalkan produk berbahan kimia untuk merawat kulit sehari-hari

perawatan dari luar dan dari dalam via www.healthywomen.org

Krim perawatan kulit nggak memberikan solusi jangka panjang untuk menjaga dan merawat elastisitas kulit. Jadi jangan terlalu mengandalkannya. Boleh tetap mengoleskan losion tabir surya dengan perlindungan UV untuk melindungi kulit dari sinar matahari, tapi tetap lakukan perawatan dari dalam juga. Seperti cukup tidur dan mengonsumsi asupan sehat sehari-hari.

Kemampuan kulit untuk meregang dan mengencang kembali setelah kehilangan berat badan akan bergantung pada banyak faktor, seperti ketersediaan kolagen dan elastin yang dimiliki kulit, usia, genetik, sinar matahari, dan seberapa banyak berat badan yang hilang. Tapi bukan berarti nggak bisa diusahakan, jadi sebelum kulitmu bergelambir padahal kamunya udah kurusan, mending kamu cegah dari sekarang. Kuy!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here