Basilika Santo Petrus memang masih dinobatkan sebagai gereja terbesar di dunia. Oleh karena itu, nggak sedikit wisatawan yang kerap menjadikan gereja itu sebagai wisata religi. Bicara soal berwisata ke Vatikan, tentu saja biayanya nggak murah. Pasalnya Vatikan itu sendiri ada di Eropa. Tapi, banyak sekali yang bisa kamu dapat ketika berwisata religi ke sana dan tentunya nggak sekedar foto-foto.

Bila waktunya pas, kamu juga bisa dengar Paus dan menerima berkatnya. Tentunya ini bakal jadi pengalaman yang sangat berharga. So, tertarik untuk liburan ke Vatikan dan melihat langsung gereja terbesar di dunia? Yuk kita hitung dulu biayanya!

1. Tiket ke Italia

Vatikan memang berada di wilayah Roma, Italia. Negara terkecil di dunia itu luasnya cuma 0,44 kilometer persegi. Namun di situlah terdapat situs-situs bersejarah yang wajib kita kunjungi bila ada kesempatan dan biaya. Salah satunya ya gereja terbesar di dunia itu deh.

Dan asal kamu tahu, akses menuju Vatikan memang gampang banget. Tapi tiketnya saja yang mahal.

Otomatis kamu harus memesan tiket pesawat menuju Fiumicino Airport yang terletak di Roma. Biar lebih murah, naik saja Saudi Airlines transit di Dubai biaya kurang lebih Rp 13 juta. Dan untuk pulang biasanya ada di Rp 12,5 juta.

So, tiket pulang pergi kamu kalau ditotal Rp 25,5 juta.

2. Menuju Vatikan

Setelah kamu sudah berada di Roma, menuju Vatikan gampang banget. Transportasi umum di sana sangatlah mudah, kamu bisa menggunakan transportasi bawah tanah Metro dan turun di Stasiun Ottaviano, mengingat tujuanmu adalah Basilika Santo Petrus.

Untuk biaya perjalanan dengan transportasi ini, kurang lebih 7 Euro atau Rp 113 ribu untuk 24 pass. Dan usahakan kamu jalan pagi-pagi ya karena jumlah pengunjung Vatikan itu ramai banget.

Dan selain mengunjungi gereja terbesar di dunia, tentu kamu juga ingin menjelajah negara terkecil di dunia itu bukan? So, waktu yang paling pas ya tentunya di pagi hari.

3. Antri masuk Basilika Santo Petrus

Sesampainya di Vatikan, kamu bisa turun di Gerbang Timur dan berjalan kurang lebih 30 menit. Dan ketika kamu memasuki Lapangan Santo Petrus, jangan kaget kalau antriannya panjang sekali. Asal kamu tahu biar antrennya panjang, tapi tiket masuk ke gereja terbesar di dunia ini gratis!

Belum lagi dengan cuaca yang terik tapi dingin mungkin membuatmu agak bete sedikit sih. Jangan heran jika jam 09.00 pagi kamu sampai di sana tapi baru bisa masuk ke gerejanya jam 12.00 siang.

Dan pastikan kamu mengenakan pakaian yang pantas ya. Bukan celana pendek, kaos singlet, atau rok mini. Di sana, kamu bakal diperiksa petugas keamanan dengan scanner, body detector, dan lainnya.

4. Masuk ke dalam gereja terbesar di dunia

Basilika Santo Petrus punya luas bangunan kurang lebih 15 ribu meter persegi! Gereja ini dirancang langsung oleh Michelangelo, Carlo Maderno, and Gian Lorenzo Bernini. Pastinya setelah melewati proses pemeriksaan, kamu akan dihadapkan pada jalanan yang menanjak. Setelah itu, kamu pun bebas menentukan mau ke mana.

Di kaki tangga ada pintu masuk menuju ruang tunggu. Ada juga area penitipan barang sekaligus toko penyewaan audio guide. Kamu juga bisa menuju Cupola atau Kubah. Asal kamu tahu puncak Basilika menawarkan pemandangan kota Roma yang sangat indah dan mustahil kamu lupakan.  

Untuk menuju kubah, kamu bisa menggunakan lift atau tangga biasa. Namun untuk menuju area tersebut akan ada tiket yang harus dibayar ya, nggak murah kok paling cuma berapa Euro.

Selain ke kubah, kamu juga bisa menuju Vatican Grottoes. Wilayah ini adalah kuburan bawah tanah yang jadi makam para Pemimpin Gereja Katolik, salah satunya adalah Paus Yohanes Paulus II.

Pokoknya dijamin deh interior di gereja terbesar di dunia ini bikin kamu melongo karena sangat artistik. Kamu bisa melihat langsung patung karya Michelangelo yaitu patung Bunda Maria yang sedang menggendong bayi Yesus (Pieta). Patung itu adalah karya agung sepanjang masa. Popularitasnya setara dengan lukisan Monalisa.

5. Melihat Paus Franciscus

Di sini, kamu bisa langsung melihat Paus Franciscus berkhotbah asalkan dia memang lagi ada di sana ya. Dan pastikan kamu datang pada Hari Minggu.

Di halaman Basilika Santo Petrus, Paus juga sering memberikan pemberkatan pada para pengunjung yang datang. Atau juga bisa mendengarkan kotbah umum beliau di Hari Rabu.

Seperti itulah aktivitas yang bisa dilakukan di Vatikan ketika melawat gereja terbesar di dunia. Dan kurang lebih segitu deh biayanya, tapi itu semua di luar biaya akomodasi lho ya.

Tertarik untuk mengunjungi Vatikan tahun depan? Nabung dulu ya, biar makin seru liburannya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya



[ad_2]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here