Giving Flower
Photo by Jamie Street on Unsplash

Bahasa punya peran sangat penting dalam komunikasi. Saat bicara, ternyata kita perlu menggunakan bahasa yang dimengerti oleh lawan bicara, supaya komunikasi berlangsung efektif. Jika kita ingin berbicara dengan orang Indonesia, maka bahasa yang paling mudah dipahami tentu saja adalah bahasa Indonesia.

Namun bahasa ternyata tidak hanya melulu soal kata-kata, ejaan, struktur, atau pola kalimat. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga ‘berbicara’ dalam bahasa cinta. Yang menarik, setiap orang punya cara yang berbeda-beda dalam mengekspresikan cinta. Menurut Dr. Gary Chapman, ada lima jenis bahasa cinta (dikenal dengan The Five Love Languages):

1. Berkata-kata Menguatkan

Photo by Brooke Cagle

Jika ada orang yang suka memberikan kata-kata semangat buatmu, bisa saja ia sedang mengungkapkan cintanya padamu. Bahasa cinta ini digunakan untuk menguatkan atau memotivasi orang lain. Orang-orang yang mahir berbicara dalam bahasa ini suka membangun lewat kata-kata yang positif dan penuh semangat. Mereka murah hati dalam memberikan pujian (yang tulus tentunya). Namun, orang-orang ini jugalah yang paling rentan terhadap kata-kata yang mematahkan semangat.

Baca Juga : “Panggil Tukang” Aplikasi Tukang Panggilan Dengan Berbagai Layanan Dalam Satu Aplikasi Online.

2. Tindakan Melayani

Photo by Edgar Castrejon

Orang-orang dengan tipe bahasa ini punya prinsip: “Tindakan nyata selalu lebih baik daripada kata-kata belaka” atau dalam istilah aslinya: “Action speaks louder than words”. Kadang-kadang mereka tidak banyak bicara, yang penting tindakan. Mereka adalah tipe orang yang murah hati dalam memberikan pertolongan dan peka terhadap kebutuhan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Android Nonton Bioskop Drama Korea Gratis Terbaru Selain Via Website.

3. Memberi Hadiah

Photo by Ben White

Beberapa orang mengekspresikan kasih dengan cara memberi hadiah, misalnya pada momen-momen spesial, seperti ulang tahun atau perayaan kelulusan, dan sebagainya. Biasanya orang-orang dengan tipe ini juga akan lebih merasa dicintai jika orang lain memberi mereka hadiah. Terkadang mereka tidak banyak pikir mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli barang sebagai hadiah bagi orang yang dicintainya.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Di Tahun 2020 Yang Cocok Banget Untuk Anak Millennial Saat Ini.

4. Waktu yang Berkualitas

Photo by Jude Beck

Tipe ini cocok jadi tempat curhat. Bagi mereka, hal paling penting yang dapat mereka berikan adalah perhatian penuh. Mereka senang meluangkan waktu bersama orang-orang yang dicintai, untuk mendengar dengan tulus, serius, dan fokus tentang kisah hidup mereka.

Baca Juga : Selain Area 51 Yang Berbahaya, 5 Tempat Ini Dilarang Keras Dikunjungi Untuk Liburanmu.

5. Sentuhan Fisik

Photo by Derek Thomson

Bahasa ini dikuasai oleh orang-orang yang senang memberikan sentuhan fisik. Bagi mereka, sentuhan fisik dapat berbicara lebih ‘dalam’. Tentu saja yang dimaksud sentuhan fisik di sini adalah sentuhan yang sopan dan tepat pada waktunya. Terkadang saat seorang wanita menangis, yang mereka perlukan hanyalah sebuah pelukan tanpa kata-kata nasihat atau solusi. Saat kita masih kanak-kanak, seringkali kita merasa nyaman dan damai ketika orang tua memegang kepala dan mengusap-usap rambut kita, sebagai tanda kasih sayang dan penerimaan mereka.

Baca Juga : Kenalin The 27 Club, Daftar Musisi Yang Meninggal Di Usia 27 Tahun.

Apakah bahasa cintamu? Dan sudahkah orang di sekitarmu memahami bahasa cintamu, dan sudahkah kita memahami bahasa cinta orang yang sesungguhnya mencintai kita? Atau mungkin kita selama ini selalu salah paham? (JB)