Tahun 2019, saatnya merencanakan liburan ke berbagai destinasi impian. Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali festival wisata budaya yang bisa kamu kunjungi. Kementerian Pariwisata baru saja merilis daftar festival seni dan kebudayaan sepanjang tahun 2019. Ada beragam pilihan dengan keunikan yang khas daerah tersebut. Kira-kira mau pergi ke mana ya tahun ini?

Kamu nggak usah bingung ya, soalnya Hipwee Travel bakal kasih rekomendasi 11 festival budaya yang sebaiknya kamu datangi di tahun 2019 ini. Bakalan seru nih festival-festival ini dan udah populer banget kok. Yuk kepoin lokasinya dan catat tanggalnya.

Buat yang kangen ke Lombok ada Festival Bau Nyale, pada tanggal 20 Februari 2019.

festival bau nyale via kicknews.today

Festival Bau Nyale adalah acara kebudayaan yang jadi ritual tahunan di Lombok, terutama masyarakat sekitar Pantai Kuta hingga Pantai Seger. Ritual Bau Nyale adalah mencari cacing (nyale) yang muncul di pantai setahun sekali dan biasanya dilakukan di bulan Februari. Cacing itu berwarna-warni dan diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika. Wah seru nih sekalian jalan-jalan di pantai Kuta.

Festival Teluk Jailolo diadakan lebih cepat dibanding tahun lalu. Festival paling populer di Maluku Utara bakal dihelat 3-5 Maret 2019

festival jailolo via indonesiatravelmagazine.com

Festival Jailolo adalah festival bahari yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2009 dan selalu meningkat animo peserta yang mengikutinya. Acaranya macam-macam, ada pertunjukan seni budaya khas Maluku, panggung di atas laut, lomba foto dan sebagainya. Biasanya ditutup dengan konser musik band papan atas Indonesia.

Festival Teluk Tomini di Kabupaten Bolaang Mongondow akan diselenggarakan pada tanggal 1-10 April 2019

teluk tomini via manado.tribunnews.com

Festival tahunan yang levelnya internasional ini selalu meriah setiap tahunnya. Hanya saja tahun ini mungkin sedikit berbeda karena Sulawesi Tengah (Palu dan Donggala) tahun lalu dihantam gempa dan tsunami. Semoga festival ini bikin orang nggak takut lagi ke Sulawesi Tengah ya.

Pesona Khazanah Ramadhan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, adalah agenda spesial di bulan Ramadhan yang digelar 10-28 Mei 2019

pesona khazanah ramadhan via republika.co.id

Bulan Ramadhan tetep ada festival dong. Di Lombok, ada Pesona Khazanah Ramadhan yang menyajikan pameran travel umroh dan haji, pameran buku dan juga acara-acara Islami.

Satu festival yang nggak boleh dilewatkan, Festival Sandalwood Sumba dan Tenun Ikat Sumba, 5-13 Juli 2019

sandalwood via phinemo.com

Ribuan kuda saldalwood akan hadir di kota Waikabubak ataupun Waingapu untuk memeriahkan festival 1001 saldalwood dan tenun ikat Sumba. Sebagai destinasi hits selebgram kekinian, nggak sah apabila kamu nggak datang di festival yang satu ini.

Ritual suku Tengger Yadnya Kasada akan dilaksanakan di Bromo pada tanggal 17-19 Juni. Seru nih ke Bromo pas festival

yadnya kasada via images.blog.reservasi.com

Upacara tahunan yang dilakukan masyarakat Tengger bernama Yadnya Kasada bakal digelar bulan Juni di Gunung Bromo. Dalam upacara ini, nantinya akan ada ritual melempar sesaji berupa ayam atau kambing ke dalam kawah Bromo.

Festival paling romantis di Indonesia, Dieng Culture Festival bakal diadain pada tanggal 2-4 Agustus 2019

dieng festival via www.instagram.com

Dieng Culture Festival sudah memasuki tahun ke 10 dan festival ini sangat populer hingga mendatangkan ribuan wisatawan. Tak salah apabila festival ini dianggap sebagai event yang paling romantis di Indonesia dan ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan.

Festival Pinisi, Bulukumba, akan dilaksanakan pada tanggal 12-15 September. Semua tentang kapal pinisi ada di sini!

festival pinisi via agolf.xyz

Festival Pinisi merupakan festival tahunan yang sudah ke-9 kalinya diadakan di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Festival ini semuanya akan mengulas tentang kapal Pinisi yang merupakan warisan dari suku Bugis dan Makassar. Selama festival akan menampilkan semua ragam keahlian, proses pembuatan sampai peluncuran kapal Pinisi. Seru banget sih ini!

Festival Bahari Raja Ampat yang digelar pada tanggal 18-21 Oktober bakal mendatangkan banyak turis ke Raja Ampat

raja ampat via www.youtube.com

Festival Raja Ampat merupakan event yang ditunggu-tunggu oleh banyak traveler. Tahun ini bakal diadain di tanggal 18-21 Oktober. Buat kamu yang merencanakan untuk pergi ke sana, lebih baik kamu samain dengan jadwal festival aja. Kamu mau datang nggak ke festival Raja Ampat tahun ini?

Festival Tanjung Kelayang diadakan pada tanggal 15-19 November 2019. Nikmati keindahan negeri Laskar Pelangi sekaligus menyaksikan festival yang semarak di Belitung

festival tanjung kelayang via eljohnnews.com

Negeri Laskar Pelangi, Pulau Belitung, kini jadi destinasi yang diminati oleh banyak traveler dari Jakarta maupun kota-kota besar lainnya. Aksesnya yang mudah dengan pantai-pantainya yang indah bikin pengunjung betah. Apalagi dengan adanya festival, wah makin banyak dong yang liburan ke sana!

Festival Danau Toba pada 9-12 Desember 2019 bakal jadi festival paling meriah di Sumatra

festival danau toba via www.triptrus.com

Danau Toba merupakan destinasi wisata prioritas pemerintah. Untuk itu, Festival Danau Toba pun akan jadi sajian yang paling meriah di Pulau Sumatra. Festival yang akan diadakan pada tanggal 9-12 Desember ini akan menampilkan kegiatan yang menarik seperti seni tradisional dan pertunjukan budaya, kompetisi dalam olahraga tradisional dan permainan rakyat, kerajinan tangan dan bazaar kuliner, seminar pariwisata, dan pameran pariwisata.

Jadi kamu pilih yang mana nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya



loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here