Ikatan Ahli Perencanaan secara berkala memberikan predikat Kota Ternyaman di Indonesia. Tahun 2017 Kota Solo yang jadi pemenangnya. Penghargaan Adipura juga diberikan kepada Kota Terbersih di Indonesia. Kalau ada penghargaan Kota Ternyaman dan Terbersih, ternyata ada pula penghargaan Kota Terkotor di Indonesia. Waduh, apakah berarti kotanya sangat kotor atau penuh sampah?

Kota-kota ini disebut sebagai kota terkotor berdasar penilaian penghargaan Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2017-2018. Nah, kota-kota yang akan disebut di bawah ini merupakan kota-kota dengan nilai paling rendah untuk masing-masing kategori kota. Ada kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan juga kota kecil. Nah ini dia daftar kota-kota terkotor di Indonesia tahun 2017-2018 dari total 300 kota yang dinilai.

Kota paling kotor untuk Kategori Metropolitan jatuh kepada Medan. Untuk kategori kota besar ada Bandar Lampung dan Manado

medan kota paling kotor via www.netralnews.com

Medan mendapat predikat kota paling kotor di Indonesia kategori kota metropolitan. Medan kalah bersih dari kota-kota metropolitan lainnya seperti Jakarta, Bandung, Surabaya ataupun Makassar. Sementara kategori kota besar yang paling kotor diperoleh Bandar Lampung dan Manado, Sulawesi Utara.

Kota paling kotor untuk kategori kota sedang adalah Sorong, Kupang dan Palu. Semuanya berada di Indonesia bagian Timur

Kota sedang yang mendapat predikat terkotor adalah Sorong di Papua Barat, Kupang ibukota Nusa Tenggara Timur, dan Palu ibukota Sulawesi Tengah. Entah kebetulan atau tidak, 3 kota terkotor berada di Indonesia bagian Timur. Hal ini harus menjadi catatan tersendiri apakah fasilitas kebersihan dan pengolahan sampah di timur relatif tertinggal daripada di Indonesia bagian barat.

Kota paling kotor untuk kategori kota kecil adalah Waikabubak di Sumba Barat, Waisai di Raja Ampat, Ruteng di Manggarai, Kabupaten Buol di Sulawesi Tengah, Bajawa di Kabupaten Ngada.

raja ampat via www.liveaboard.com

Miris banget sih sebenarnya kota-kota kecil yang paling kotor adalah Waikabubak, Waisai, Ruteng, Buol dan Bajawa. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari kota-kota tersebut, kecuali Buol, adalah kota-kota tujuan wisata. Sumba, Flores dan Raja Ampat adalah tujuan wisata andalan Indonesia yang tidak cuma didatangi turis domestik, tapi juga oleh turis asing. Hal ini harus jadi PR yang harus diselesaikan pemerintah daerah dan juga pusat, kenapa bisa kota-kota wisata ini yang indeks kebersihannya justru rendah? Kotornya kota wisata ini bisa bikin malu pariwisata ketika pemerintah tengah giat mengundang 20 juta wisatawan mancanegara tahun ini.

Apa kriterianya kota bisa disebut sebagai kota terkotor di Indonesia?

kota penuh sampah via harian.analisadaily.com

Kota terkotor ini hasil dari penilaian mencakup antara lain penilaian fisik dan tempat pemrosesan akhir (TPA). Kota-kota terkotor itu mendapat nilai jelek karena membuang sampah terbuka serta ada yang belum membuat kebijakan dan strategi nasional (Jakstranas) tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Kemudian, faktor nilai buruk lain adalah komitmen pemerintah daerah yang kurang, anggaran kurang, serta partisipasi publik yang kurang.

Apakah kamu tinggal di 12 kota di atas? Ayo galakkan kebersihan di tempat tinggalmu biar nggak dapat penghargaan terkotor ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya



[ad_2]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here