Climber
Photo by Nghia Le on Unsplash

Daya tahan mental untuk mencapai kesuksesan atau secara ilmiah disebut kecerdasan adversitas (Adversity Quotient – AQ) pertama kali diperkenalkan oleh Paul G. Stoltz, yang disusun berdasarkan hasil riset lebih dari 500 kajian di seluruh dunia. Adversity Quotient  adalah kemampuan yang dimiliki individu untuk dapat mengatasi suatu kesulitan, dengan karakteristik: mampu mengontrol situasi sulit, menganggap sumber-sumber kesulitan berasal dari luar diri, memiliki tanggung jawab dalam situasi sulit, mampu membatasi pengaruh situasi sulit dalam aspek kehidupannya, dan memiliki daya tahan yang baik dalam menghadapi situasi atau keadaan yang sulit.

Stoltz menjelaskan bahwa ada 8 faktor yang dapat mempengaruhi daya tahan dalam mencapai kesuksesan, faktor-faktor inilah yang menentukan kecepatan seseorang dalam mencapai sukses. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Bakat

Jika seseorang menyadari dirinya sesungguhnya memiliki bakat, maka ia akan lebih kuat bertahan secara mental. Bakat menggambarkan penggabungan antara keterampilan, kompetensi, pengalaman dan pengetahuan yakni apa yang diketahui dan mampu dikerjakan oleh seorang individu.

2. Kemauan

Pepatah mengatakan, jika ada kemauan pasti ada jalan. Kemauan menggambarkan motivasi, antusiasme, gairah, dorongan, ambisi, dan semangat yang menyala – nyala.

Baca Juga : Tips Selesaikan Skripsi Buat Kamu Mahasiswa di Semester Tua. Begini caranya!

3. Kecerdasan Majemuk

Menurut Howard Gardner terdapat delapan bentuk kecerdasan, yaitu linguistik, kinestetik, spasial, logika matematika, musik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Individu memiliki semua bentuk kecerdasan sampai tahap tertentu dan beberapa di antaranya ada yang lebih dominan.

4. Kesehatan

Kesehatan emosi dan fisik juga mempengaruhi individu dalam mencapai kesuksesan. Seseorang yang menyadari dirinya tidak sehat akan lebih membatasi dirinya.

Baca Juga : Meskipun Banyak Bulu, Inilah Manfaat Kesehatan Kucing Jika Kamu Memeliharanya Di Rumah

5. Karakteristik Kepribadian

Karakteristik kepribadian seorang individu seperti kejujuran, keadilan, ketulusan hati, kebijaksanaan, kebaikan, keberanian dan kedermawanan merupakan sejumlah karakter penting dalam mencapai kesuksesan.

6. Genetika

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik merupakan salah satu faktor yang mendasari perilaku dalam diri individu.

Baca Juga : 5 Cara Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi yang Susah Diajak Kerjasama

7. Pendidikan

Pendidikan mempengaruhi kecerdasan, pembentukan kebiasaan yang sehat, perkembangan watak, keterampilan, hasrat, dan kinerja yang dihasilkan individu.

8. Keyakinan

Keyakinan merupakan ciri umum yang dimiliki oleh sebagian orang-orang sukses karena iman merupakan faktor yang sangat penting dalam harapan, tindakan moralitas, kontribusi, dan bagaimana kita memperlakukan sesama kita.

Baca Juga : Bingung Cari Tempat Nongkrong di Surabaya? Tempat ini Recommended Banget Buat Kamu!

Semua faktor yang  disebutkan di atas merupakan hal-hal yang saling terkait, yang membuat seseorang mampu bertahan dalam situasi yang sulit, hingga mencapai kesuksesan. Bagaimana dengan Daya Tahan-mu? Apakah masih kuat menghadapi setiap tantangan dalam kehidupan? (JB)