piramida mesir

jadibegitu.com – Piramida (Piramida Mesir) adalah suatu bangunan yang kebanyakan digunakan oleh orang-orang zaman dahulu sebagai tempat persemayaman raja. Namun, beberapa piramida juga dibuat sebagai sarana ibadah (pemujaan) atau sebagai tempat penimbunan bahan makanan.

Mesir dikenal dengan bangunan-bangunan piramida megahnya. Piramida sendiri aslinya adalah makam raksasa yang sengaja dibangun semegah mungkin untuk menunjukkan kehebatan raja atau firaun yang dimakamkan di dalamnya saat masih hidup. Namun Mesir sendiri ternyata bukanlah satu-satunya negara di mana bangunan piramida dapat dijumpai. Berikut ini adalah piramida-piramida yang terletak di luar Mesir yang sebenarnya tidak kalah menarik, namun tidak setenar piramida Mesir.

1. Piramida Chogha Zanbil di Iran

piramid chonga zanbil

Chogha Zanbil adalah sebuah bangunan yang terletak di kawasan yang dikenali sebagai Khuzestan, Iran. Adalah dianggarkan bahawa bangunan ini dibina pada tahun 1250 SM oleh Raja Untash-Napirisha sebagai penghormatan kepada tuhan Inshushinak itu. Chogha Zanbil nama sebenar, yang bermaksud bandar Dur Untash Untash. Malangnya, dalam 640 SM, yang telah dimusnahkan oleh raja Assyria Ashurbanipal dipimpin. Pada tahun 1979, Chogha Zanbil resmi terdaftar dalam Warisan Dunia UNESCO.

2. Piramida Koh Ker (Kamboja)

Piramida Koh Ker (Kamboja)

Koh Ker merupakan daerah yang merupakan situs Angkor di Kamboja utara. Dan ada “punden” piramida berbentuk, bernaa Thom. Gedung ini dibangun pada masa dinasti Khmer berkuasa sekitar tahun 928. Koh Ker mungkin dibangun sebagai sarana pemujaan dewa Brahma, Siwa dan Wisnu. Sayangnya, banyak orang yang mencuri beberapa peninggalan yang berada di sekitar Koh Ker untuk dijual lagi.

3. Piramida Mesoamerica (Amerika Tengah)

 Piramida Mesoamerica (Amerika Tengah)

Piramida Mesoamerika sangat banyak. Hal ini karena peradaban Mesoamerika dibagi menjadi banyak bagian. Kebanyakan piramida di Mesoamerika memiliki fitur khusus yang tidak ada tangga untuk mencapai puncak dan tepi bergerigi. Piramida Cholula Mesoamerika, antara lain, piramida suku Aztec (Malinalco dan Templo Mayor), piramida Maya, Tarascos, klasik Veracruz, Teotihuacan, Zapotecs, Altavista dan La Quemada.

4. Piramida Nubia (Sudan)

Piramida Nubia (Sudan)

Bangunan Sejarah ini dibangun sebagai makam raja dan ratu Napata Meroe. Piramida ini memiliki nama lain Kush. Sifat dan bentuk bangunan sedikit berbeda dari piramida Mesir. Menurut Wikipedia, sekitar 220 piramida ditemukan di daerah. Selain pemakaman ratu dan raja, piramida ini juga dibangun sebagai makam prajurit. Susunan piramida dekat Sudan Nubia.

5. Piramida Cestius / Cestia (Itali)

Piramida Cestius / Cestia (Itali)

Para ahli memperkirakan bahwa piramida ini dibangun pada 18 SM sampai 12 SM sebagai Gayus Cestius serius. Dia adalah salah satu dari empat ulama yang dikenal di Roma, Italia. Bentuk piramida ini mirip dengan piramida Nubia adalah tip tajam kecil dengan itu berbentuk kerucut. Menurut Wikipedia, selain CESTIO piramida terbesar ada lain yang disebut Romulus, piramida sayangnya hancur dalam abad ke-16.

Btw kamu udah join grub WhatsApp Jadibegitu Community Belum? Kalo belum yuk gabung cuy!. Gabung Komunitas Sekarang | Ikuti Di Instagram

Penulis Rizky Indra Khumara
Editor Faizal Rachman Amirullah

Baca Artikel Serupa :
Ini dia Rumah Kontainer, Rumah Modern di Inggris. Btw Di Indonesia Sudah ada Loh!
Peninggalan Megah Peradaban Islam di Eropa Yang Masih Tertinggal Hingga Sekarang
4 Keajaiban Dunia Yang Baru Terungkap Saat ini di 2019. WOW!