calon mahasiswa

Jadibegitu – Setelah libur panjang tahun baru dan Libur Tahun Ajaran baru, Anak SMA Kelas 3 Disibukan dengan galaunya memilih untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Melanjutkan pendidikan pun masih digalau kan dengan memilih jurusan dan tempat perkuliahan. Passion dan Masa Depan Menjadi taruhan mana yang lebih penting, Memilih jurusan perkuliahan sesuai passion atau jurusan yang memiliki prospek kerja baik. Berikut telah jadibegitu rangkum, Rekomendasi Jurusan Kuliah di tahun 2020 untuk anak millennial.

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi
From Unsplash @mimithian

Ilkom menjadi pilihan pertama, karena era saat ini memang serba digital. Yaaaa, memang rata-rata lulusan jurusan ini bekerja di media. Apalagi saat ini, lagi marak-maraknya industri kreatif, sangat membutuhkan lulusan jurusan Ilmu Komunikasi. Yok yok masuk ilkom hehehe. Prospek kerja di tahun 2020 bagus kok di Ilkom.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual
From Unsplash @bradneathery

Industri kreatif sangat berkembang, lulusan DKV sangat dibutuhkan di seluruh aspek perusahaan. Karena memang jurusan ini adalah “otak” dari segala ide maupun konsep komunikasi. Hm.. gak beda jauh dengan jurusan Ilkom sih, cuman DKV ini lebih ke visual nya seperti gambar dan video. Salah satu jurusan kuliah di tahun 2020 yang memiliki prospek kerja menjanjikan.

3. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika
From Unsplash @jefflssantos

Untuk yang satu ini perlu juga loh, industri maupun manufaktur besar pasti perlu orang-orang ahli pada bidangnya. Mulai dari teknik sipil, elektronika, informatika, teknologi juga perlu dalam industri. Tau gak? Di tahun 2020 ini digadang – gadang akan menjadi tahun dimana semua serba Artificial intelligence, yang dimana semua serba otomatis. Jadi gak salah sih untuk masuk ke-jurusan ini demi masa yang akan datang.

Baca Juga :

4. Desain Produk Industri / Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis
From Unsplash @firmbee

Tanpa pekerjaan tetap pun, mereka-mereka lulusan jurusan Desain Grafis bisa bertahan hidup dengan pekerjaan freelance. Desain grafis adalah perancang logo, font hingga bentuk tulisan sekalipun. Semakin berkembang nya jaman, banyak sekali kita lihat UKM (Usaha Kecil Menengah) yang semakin banyak. Nah Peran desain grafis disini adalah membranding produk kepada usaha tersebut sehingga dapat dikenal dikalangan masyarakat. Itu masih salah satu contohnya sih.

5. Arsitektur

Jurusan Arsitektur
From Daniel McCullough @d_mccullough

Arsitekur memang jurusan yang sangat dibutuhkan kapan saja, mereka yang berkuliah disini adalah harapan dari seluruh aspek manusia dalam membangun rumah. Peluang kerja juga sangat tinggi pada jurusan ini. Selain menjadi arsitek handal, seorang arsitek juga menjadi idaman para mertua loh hehe.

6. Perguruan

Jurusan Perguruan
From Unsplash @thutra0803

Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa, kunci untuk mendidik anak bangsa. Kemajuan bangsa. Selain pekerjaan, ilmu yang kamu berikan akan sangat berpengaruh dan berguna bagi bangsa kelak hari.

Itu dia Rekomendasi Jurusan Perkuliahan Untuk Millennial Saat Ini. Udah memilih jalan ninjamu sendiri? hehe. Persiapkan dari sekarang cuy!