Walaupun terlihat simpel, ada beberapa kesalahan memakai sheet mask yang harus kamu hindari lho.

 

Buat saya, cara tergampang untuk santai adalah pakai masker sambil nonton YouTube atau Netflix. Setelah beraktifitas, saya selalu nyempetin untuk nonton satu atau dua episode series favorit saya atau binge-watching tutorial makeup dari beauty guru favorit saya. Dengan banyaknya jenis masker, saya yakin banget banyak yang suka sheet mask karena selain gampang pakainya, variannya juga banyak banget. Kalau dulu sheet mask hanya berfungsi untuk nambah hidrasi aja, sekarang ada yang mencerahkan, “mengecilkan” pori-pori, sampai anti-aging. Harganya juga udah beragam banget, dari lima belas ribu sampai lima ratus ribu. Walaupun sudah umum, ternyata ada kesalahan-kesalahan simpel seputar penggunaan sheet mask yang benar. Apa aja ya kira-kira?

 

Beauty Dairy Sheet Mask

 

Baca juga: FD Experiment: Memakai Sheet Mask 7 Hari, Ini Hasilnya!

 

Pakai Sheet Mask di Pesawat

Kayanya kita sering banget ya melihat foto-foto orang yang pakai sheet mask di pesawat, tapi ternyata hal ini sangat nggak dianjurkan banget. Selain ribet (apalagi kalau duduknya di kelas ekonomi yang langsung bersebelahan dengan orang asing!), alasan utamanya ada dua: kualitas udara di pesawat dan sifat humektan dari sheet mask. Kayanya udah bukan rahasia ya kalau udara di pesawat itu adalah recycled air alias udara yang cuma diputer-puter aja dan minim sirkulasi. Hal ini jadi alasan kenapa udara di pesawat terhitung ‘kotor’ dan banyak bakteri, juga terhitung kering. Hal ini nyambung ke poin yang kedua. Pada umumnya, sheet mask mengandung bahan-bahan humektan seperti gliserin dan hyaluronic acid. Kalau ingat, humektan berfungsi untuk menarik kelembapan di udara supaya masuk ke kulit.

 

Ketika kita pakai sheet mask di pesawat, secara langsung kita ‘mengunci’ wajah yang sudah terekspos dengan udara kotor kabin (oh no!). Nggak cuma itu, udara kering yang ada di kabin pesawat juga nggak akan memberi kelembapan ke kulit kita, jadi humektannya nggak bisa berfungsi dengan baik. Bukannya lembap, malah tambah kering (double no!).  Terus kalau masih mau mempersiapkan kulit saat traveling jarak jauh pakai pesawat gimana? Pakai sheet mask sebelum masuk pesawat dan kunci kelembapannya menggunakan moisturizer yang occlusive. Sebetulnya, pakai skincare di pesawat juga nggak terlalu dianjurkan karena permukaannya yang nggak selalu steril, jadi bener-bener siapin kulit kamu sebelum masuk ke pesawat ya.

 

Pakai Sheet Mask Saat Tidur

Kalau persoalan yang ini umum saya temukan di kolom komentar beberapa post di FD App, hehehe. Masih banyak anggapan bahwa semakin lama kita membiarkan produk di kulit kita, akan semakin efektif kerjanya dan semakin cepat hasilnya. Sadly, this is not the case. Kalau dipakai saat tidur, apalagi sampai kering, kelembapan yang telah ditransfer oleh sheet mask akan kembali menguap ke udara. Ini alasan kenapa menggunakan produk skincare seperti moisturizer setelah pakai sheet mask cukup penting. Untuk memaksimalkan kinerja sheet mask, ikuti saran penggunaan di bungkusnya. Walaupun biasanya anjuran penggunaan sheet mask menggunakan bahasa Korea, kamu masih bisa mencari gambar atau diagram penggunaan kok! Biasanya ada angka di langkah-langkahnya and most likely it will be about the duration.

 

Madu untuk Sleeping Mask

 

 

Menyimpan Essence Sheet Mask Terlalu Lama

Ini juga cukup sering dilakukan, bahkan saya sendiri juga jadi tersangka. Karena beberapa sheet mask ngasih essence yang cukup ‘banjir’, saya sering juga menyimpan sisa esens untuk digunakan lagi. Sayangnya, karena segelnya sudah terbuka, esens yang dibiarkan di meja rias kamu akan berkurang efektivitasnya karena terpapar udara bebas. Higenitasnya juga nggak terjaga dan mungkin sudah ada kontaminasi. Kalau memang masih sayang banget, saya saranin untuk memindahkan sisa esens ke tempat yang tertutup dan ada dispensernya untuk kamu habiskan! Nggak perlu beli botol baru lho, cukup reuse botol-botol serum atau toner yang sudah habis. Tinggal dicuci bersih lalu kamu bisa pakai lagi!

 

Pakai Sheet Mask Berulang Kali

Berhemat boleh, tapi jangan sampai terlalu frugal gini ya, hahaha. Walaupun ada sheet mask yang bisa digunakan ulang, mayoritas produk sheet mask yang dijual di pasaran adalah sheet mask sekali guna yang harus dibuang setelah dipakai. Beberapa sheet mask memang memberi esens yang cukup banyak sampai bisa digunakan lagi, tapi bukan berarti bisa ‘dicelup’ ulang ya! Sheet mask yang sudah dipakai baiknya langsung dibuang karena sudah terkena minyak di wajah, jadi udah nggak steril. Kalau mau sedikit ngirit untuk budget sheet mask, bisa cek artikel sheet mask terjangkau atau gunakan sheet mask tablet seperti Miniso Compressed Sheet Mask untuk digunakan bareng hydrating toner kamu. Saya yakin, hasilnya akan jauh lebih hemat dari beli sheet mask satuan sekali pakai.

 

Itu tadi kesalahan memakai sheet mask yang harus kamu hindari. Sayang kan, kalau sudah beli sheet mask tapi hasilnya nggak maksimal. Just remember that wherever you are in your life, you deserve some self care! Siapa yang bakal pasang sheet mask sambil nonton series kaya saya setelah ini?

 

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here