Lee Joon-young
Lee Joon-young dalam Drama Korea The World of The Married

Jadibegitu – Beberapa waktu lalu, dalam episode 8 Drama Korea The World of The Married yang disiarkan JTBC, Lee Joon-young mengambil barang temannya, dan mendatangi psikiater untuk melakukan konseling karena sifat kleptomania yang dimilikinya. Kleptomania adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki kebiasaan mencuri. Kondisi kleptomania Jeon Jin Seo dalam perannya, diceritakan tak lepas dari kondisi orangtuanya yang bercerai.

Dalam wikipedia dituliskan bahwa Kleptomania adalah gangguan mental yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Benda-benda yang dicuri oleh penderita kleptomania umumnya adalah barang-barang yang tidak berharga, seperti mencuri gula, permen, sisir, atau barang-barang lainnya. Sedangkan halodoc sendiri menuliskan bahwa Kleptomania adalah gangguan kebiasaan dan impuls (impulse control disorder) yang tidak dapat dikendalikan oleh individu untuk memiliki barang-barang yang dilihatnya dengan cara mencuri. Gangguan ini dilakukan secara berulang dan tidak dapat ditahan (kompulsif) dengan berbagai alasan yang tidak rasional untuk memiliki benda-benda tersebut.

Baca Juga : Bingung Cari Tempat Nongkrong di Surabaya? Tempat ini Recommended Banget Buat Kamu!

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Kleptomania ditandai oleh kegagalan menahan dorongan yang timbul untuk mencuri sesuatu yang tidak dibutuhkan atau tidak menghasilkan uang. Ketika dorongan untuk mencuri itu muncul, pengidap akan merasa tidak nyaman, gelisah dan dorongan tersebut akan semakin kuat. Setelah perbuatan itu dilakukan, maka pelaku pun akan merasakan kepuasan.

Sering kali pengidap merasakan penyesalan akan perbuatannya. Meski begitu, dorongan untuk melakukannya begitu besar, sehingga pengidap tidak tahan untuk tidak mengulanginya. Pengidap kleptomania sering kali ditemukan juga mengidap depresi atau gangguan kecemasan.

Baca Juga: 7 Film Horor Thailand Ini Ternyata Ada di Kisah Nyata. Hantunya Serem!

Kleptomania dan Pencuri, Apa Bedanya?

Pencuri adalah seseorang yang mengambil barang atau apa saja yang tidak menjadi haknya. Ini termasuk ke dalam tindakan kriminal, dan mereka yang melakukannya memiliki tujuan, seperti misalnya karena faktor ekonomi.

Foto oleh Andrew Neel dari Pexels

Tindakan pencurian biasanya diikuti dengan kekerasan jika sang pencuri tidak berhasil mendapatkan yang diinginkannya. Jika korban melakukan perlawanan, pelaku tidak segan untuk menyakiti korbannya. Barang yang dicuri juga beragam, mulai dari uang, sepeda, kendaraan bermotor, hingga perhiasan.

Sementara itu, kleptomania adalah kondisi yang membuat seseorang mengalami dorongan untuk mengambil barang yang tidak diperlukan untuk digunakan secara pribadi. Benda ini sering diambil meski biasanya tidak terlalu diperlukan, dan cenderung berakhir di tempat sampah setelah diambil. Oleh karena itu, pengidap kleptomania membutuhkan konseling atau bantuan psikiater agar bisa mengontrol gangguan perilakunya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dilansir oleh Healthline, orang dengan kleptomania sangat sulit untuk mengatasi kondisi sendiri tanpa bantuan medis. Perawatan untuk orang kleptomania biasanya meliputi kombinasi psikoterapi dan obat-obatan yang bisa mengatasi pemicu serta penyebabnya. Nah, Jika kamu terus-menerus ingin mengambil barang orang lain, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter atau psikolog, demikian juga ketika kamu memiliki teman yang terdeteksi mengidap klepto. (JB)

Baca Juga : Cinta Tidak Harus Diungkapkan Dengan Memberi Bunga, Apa Bahasa Cinta Lainnya?