Webinar Komnasdik Jatim
Webinar Komnasdik Jatim

Jadibegitu.com – Menghadapi dinamika perubahan global yang terus bergulir, membangun dan membekali anak sebagai generasi penerus bangsa melalui pendidikan karakter dengan kesadaran jiwa Pancasila sangat dibutuhkan saat ini. Berkaitan dengan hal tersebut, pada Kamis 2 Juli 2020, Pukul 10.00-12.00 WIB, Komisi Nasional Pendidikan Jawa Timur mengadakan webinar Penguatan Pendidikan Karakter dengan Kesadaran Jiwa Pancasila, dan berhasil mencatatkannya di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Webinar Pendidikan Karakter dengan Peserta Terbanyak se-Indonesia, yang diikuti oleh 23.533 peserta dari 34 Provinsi dan 9 Negara.

Wagub Jatim Emil Dardak di Meja Kerjanya
Wagub Jatim Emil Dardak di Meja Kerjanya Saat Menjadi Narasumber Webinar Pendidikan Karakter Komnasdik Jatim

Webinar ini menghadirkan pembicara secara online dari tiga tempat berbeda menggunakan aplikasi video conference, yaitu Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi diwakili oleh Suhartatik, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Kependidikan Dinas Pendidikan Jawa Timur, Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi, dan Ibu Eka Ratnawati dari Katahati Institute.

Baca Juga : 3 Pengusaha Muda Sukses Di Indonesia Yang Pernah Masuk Dalam Forbes 30 Under 30

Peserta yang mengikuti webinar pemecahan rekor kali ini tidak hanya dari Jawa Timur, melainkan juga dari 34 provinsi di Indonesia, dan dari luar negeri, yakni dari Malaysia, Thailand, Australia, India, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, dan Mesir.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak

Emil Dardak menyampaikan dalam pemaparan 45 menitnya, bahwa saat ini pelajaran di sekolah atau bangku pendidikan adalah cara untuk menajamkan pondasi dasar pendidikan, ia menyebutnya shaping the fundamental. Sehingga bisa dikatakan guru harus membantu siswa untuk menggali bagaimana ilmu itu bisa membentuk karakter pribadi peserta didik. Pada saat pandemi seperti ini pendidikan karakter bisa dilakukan di rumah, sehingga nantinya guru yang akan mengkonfirmasi dan mengarahkan. Emil juga menambahkan, di dalam pendidikan karakter ada unsur-unsur penting yang harus diperhatikan, yaitu watak, perilaku dan budi pekerti. Sementara langkah yang harus dilakukan untuk pembangunan karakter disebutny asebagai 5 langkah penting: Knowing the good (mengetahui karakter baik), Desiring the good (menginginkan karakter baik), Exampling the good (memberikan contoh karakter baik), Loving the good (suka karakter baik), dan Acting the good (melakukan karakter baik).

Baca Juga : Belajar Hukum: THR Pada Masa Pandemi Covid-19?

Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur, Kunjung Wahyudi juga menekankan tentang bagaimana membangun dan mewujudkan generasi emas 2045, yang memiliki karakter yang unggul  dengan kesadaran jiwa Pancasila. “Kesadaran  diri  harus  dikuasai dahulu, kemudian pengelolaan diri  baru dapat terbentuk. Sikap terus  belajar  dan mau  menerima  kesalahan  merupakan hal  yang penting dalam pengembangan karakter” tutur Kunjung Wahyudi.

Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi dan Eka Ratnawati Duta Katahati Jawa Timur sebagai Narasumber Webinar Pendidikan Karakter Komnasdik Jatim

Duta Katahati Jawa Timur Eka Ratnawati memberikan penjelasan pentingnya membangun lima Kesadaran, yang diambil dari Nilai Pancasila, yakni sadar Tuhan, sadar diri, sadar hidup, sadar masalah, dan sadar bahagia. Ia menyebutnya sebagai Pancasadar, yang mengingatkan kita pada jati diri hidup manusia Indonesia yang berlandaskan Pancasila. “Kita membangun karakter manusia adi budaya yang memahami cinta dan kasih sayang-Nya, sebagai harta karun yang terpendam di dalam diri kita. Dengan Doa dan Ihktiar yang kita lakukan, semoga akan melahirkan Generasi Pancasila yang cerdas batinnya dan cakap lahirnya dalam semangat, doa dan cita-cita pendahulu bangsa demi Ibu Pertiwi tercinta” tutur Eka Ratnawati.

Dalam sesi terakhir webinar, Andre, Perwakilan Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan selamat dan mengumumkan secara Live, bahwa Webinar Pendidikan Karakter yang dilaksanakan oleh Komisi Nasional Pendidikan Provinsi Jawa Timur ini, ditetapkan sebagai Webinar Pendidikan Karakter dengan Peserta Terbanyak se-Indonesia Diikuti oleh 34 Provinsi dan 9 Negara. Ia juga memberikan apresiasi pada Komnas Pendidikan Jawa Timur atas inisiatifnya di masa pandemi ini terus berkarya untuk memberikan pendidikan karakter pada generasi penerus bangsa.

Baca Juga : Belajar Hukum: Apakah Pandemi Covid-19 Adalah Keadaan Kahar (Force Majeure)

Pengurus Komnasdik Jatim dan Para Pendukung Acara Webinar Pendidikan Karakter Komnasdik Jatim

Pada bagian akhir, Ketua Komnas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kunjung Wahyudi menyampaikan apresiasi, ucapan terima kasih dan penghargaan, kepada jajarannya di seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, dan kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya webinar dan pemecahan rekor ini. (ist)