Martha Tilaar terpilih untuk menentukan tren warna dunia di tahun 2020. Ini juga yang pertama untuk Indonesia, lho! Salut!

Setiap tahun, pasti ada warna-warna yang dipilih sebagai color of the year. Warna yang terpilih nantinya bukan hanya dipakai dalam dunia beauty, melainkan akan menjadi inspirasi untuk berbagai industri lain dalam berinovasi. Selama ini, yang namanya paling sering terdengar adalah Pantone, namun sebenarnya ada beberapa platform lainnya yang juga turut menentukan tren wana dunia. Salah satunya adalah Intercolor.

Intercolor

Sekilas tentang Intercolor, platform ini dibentuk oleh para pakar warna internasional pada tahun 1963. Tahun-tahun sebelumnya, pegiat industri kreatif Indonesia mengikuti tren warna yang ditentukan oleh Intercolor. Namun, tahun 2018 silam, Martha Tilaar Innovation Center sukses terpilih untuk menjadi bagian dari kongres Intercolor di Portugal, mewakili Indonesia. Dalam Intercolor, terdapat 16 negara yang menjadi anggota, yaitu USA, Perancis, Jepang, Korea, Cina, Swiss, Inggris, Finlandia, Spanyol, Portugal, Italia, Hungaria, Thailand, Jerman, Turki, dan Denmark. Banyak negara lain, termasuk Indonesia, yang ingin bergabung untuk menjadi anggota, namun tentu saja hal ini tidak lah mudah.

Menurut Kilala Tilaar sebagai Corporate Creative Innovation Director, untuk menjadi bagian dari Intercolor sangat lah sulit karena masih banyak negara-negara Eropa yang masih memandang Indonesia sebelah mata. Namun beliau berhasil menunjukkan pada ke-16 anggota Intercolor bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, suku, serta sumber daya alam yang dapat menjadi inspirasi tren warna.

Martha

Bagaimana proses pemilihan tren warna dunia? Proses ini dilakukan 2 tahun sebelumnya. Intercolor menentukan tema besar yang sudah disetujui kongres dan setiap negara anggota diminta untuk mengembangkan ide dari tema tersebut. Selanjutnya, masing-masing negara akan membuat 4 mood board yang berdasarkan riset dan tren terkini yang kemudian akan dipresentasikan ke kongres. Setiap tahun, anggota Intercolor bertemu 2 kali untuk menentukan tren warna 2 tahun ke depan. Tren Spring/Summer ditentukan pada bulan Mei, sedangkan tren Autumn/Winter dipilih di bulan November.

Untuk saat ini, tentunya warna-warna pilihan Martha Tilaar untuk tren 2020 masih rahasia dan akan diumumkan di pertengahan 2019. Siapa yang sudah penasaran?

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here