pahlawan nasional baru

jadibegitu.com – Perlu kalian ketahui cuy, Beberapa hari sebelum peringatan hari Pahlawan, pemerintah selalu mengumumkan daftar baru pahlawan nasional, dan itu selalu terjadi di setiap tahun. Tahun 2019 ini, ada beberapa tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional baru oleh Bapak Presiden Jokowi. Kira – kira siapa aja yaa?

1. Sultan Himayatuddin

Sultan Himayatuddin

Himayatun merupakan Sultan Buton, Sulawesi Tenggara. Kemimpinannya Pada masa itu sehingga beliau dikenali sebagai Raja pejuang gerila melawan penjajah Belanda di Buton kala itu. Dia keluar masuk kawasan hutan, mengatur strategi untuk melawan pendudukan pemerintah Belanda. Berkat kegigihan beliau, penjajah Belanda berhasil hengkang dari tanah Buton. Keren sih!

2. Abdul Kahar Muzakir

Bapak Abdul Kahar Muzakir ini merupakan tokoh dari Yogyakarta cuy, Beliau adalah Tokoh Islam yang pernah menjadi anggota Dokuritsu Junbi Chōsakai (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Pada 1940-an, beliau mendirikan sekolah tinggi Islam yang menjadi cikal bakal Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Pada tanggal 8 November 2019, Abdul Kahar Muzakir dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo dalam sebuah upacara di Istana Negara.

3. Ruhana Kuddus

Ruhana Kuddus Pahlawan Nasional Baru

Lahir di Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, 20 Desember 1884 – meninggal di Jakarta, 17 Agustus 1972 pada umur 87 tahun. Ibu Ruhana Kuddus dikenal sebagai tokoh jurnalis yang melahirkan surat kabar perempuan pertama di Indonesia. Surat kabar perempuan itu bernama “Soenting Melajoe” yang terbit pertama kali pada 10 Juli 1912.

4. Prof. dr. M. Sardjito

Prof. dr. M. Sardjito Pahlawan Nasional Baru

Lahir di Magetan, Jawa Timur, 13 Agustus 1889 – meninggal 5 Mei 1970 pada umur 80 tahun. adalah dokter yang menjadi Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Pada masa perang kemerdekaan, Bapak Prof. dr. M. Sardjito juga membuat berbagai penemuan di bidang kesehatan, seperti obat penurun kolesterol, obat batu ginjal, vaksin beberapa penyakit, hingga biskuit ransum untuk para pejuang kemerdekaan saat perang.

Itulah beberapa tokoh Indonesia yang baru saja mendapat gelar Pahlawan Nasional. Semoga perjuangan para Pahlawan – pahlawan kita bisa ditiru oleh anak – anak muda sebagai penerus Bangsa ini. Btw kamu udah join grub WhatsApp Jadibegitu Community Belum? Kalo belum yuk gabung cuy!. Gabung Sekarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here