Mie Glosor Jadi Sajian Khas Buka Puasa Masyarakat Bogor
Mie Glosor Jadi Sajian Khas Buka Puasa Masyarakat Bogor

Elangnews – Ramadan penuh dengan sajian makanan yang lezat, nikmat dan segar. Hidangan semacam kolak, kolang kaling, kurma serta timun suri, menjadi menu santapan utama yang umum saat berbuka.

Di Bogor, Jawa Barat, ada sajian makanan khas yang hanya muncul di bulan Ramadan. Salah satunya mi glosor. Mi bertekstur lembut ini selalu ada hampir di setiap rumah sebagai salah satu menu favorit untuk berbuka puasa.

Jika mi biasa terbuat dari tepung terigu, mi glosor terbuat dari tepung sagu, berwarna kuning bening dan kenyal. Karena teksturnya yang licin saat disantap seperti menggelosor di kerongkongan.

Pelengkap makanan ini adalah sambel kacang dan gorengan, seperti bakwan atau orang Bogor menyebutnya bala-bala maupun dengan tempe goreng tepung.

Selain gorengan, makanan ini juga biasa disantap dengan krupuk berukuran besar, namanya krupuk asoy. Mi glosor juga kerap menjadi menu andalan yang tidak bisa dilewatkan para pedagang takjil.

Opick misalnya, penjual takjil di Jalan Malabar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ia tidak pernah absen menjajakan mi glosor saat Ramadan.

Mi berwarna warna kuning alami dari kunyit ini menjadi hindangan favorit untuk berbuka puasa.

“Mi glosor paling diburu masyarakat sebelum azan Magrib,” kata Opick.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here