Panduan Itinerary Liburan ke Lombok 3H2M. Jelajahi Bukit dan Pantai Indah dengan Budget Murah!

0
66

Siapa sih yang meragukan keindahan alam Indonesia. Foto-foto tentang alam Indonesia selalu bagus dan bikin menganga. Eh, tapi foto-foto itu kadang menipu lho. Aslinya jauh lebih bagus daripada yang versi foto. Percaya nggak? Kamu harus buktiin sendiri sih biar bisa bandingin antara foto sama aslinya.

Misalnya kamu bandingin foto-foto di Lombok dengan pandangan mata kepala kamu sendiri ketika liburan ke Lombok. Liburan ke Lombok nggak mahal dan nggak butuh waktu lama. Hipwee Travel mau kasih rekomendasi panduan budget liburan ke Lombok selama 3 hari 2 malam lengkap dengan itinerary-nya nih. Simak baik-baik.

Hari pertama di Lombok nginep di Pantai Senggigi. Akses gampang, banyak penginapan, dan banyak pilihan makanan dari yang murah sampe yang fancy.

Nginep di Pantai Sengigi. Banyak pilihan fasilitas sesuai budget kamu. via www.setapakkecil.com

Usahain kamu sampai di Lombok pagi hari menginap di area Pantai Senggigi. Akses untuk menuju pantai Senggigi dari bandara atau pun dari pelabuhan gampang banget. Kamu tinggal naik Bus Damri menuju Pantai Senggigi. Kalo dari bandara harga Damri sekitar 35 ribu rupiah. Penginapan di area Pantai Senggigi mulai dari harga 100 ribuan. Di area Pantai Sengigi juga ada banyak warung makan mulai dari yang kaki lima sampe yang restoran internasional.

Keliling Lombok seharian dengan sewa kendaraan. Pilih yang sesuai kebutuhan kamu ya. Naik motor juga bisa, naik mobil juga nggak mahal kok

Cara paling asik untuk keliling Lombok seharian adalah dengan sewa kendaraan sesuai kebutuhan via www.setapakkecil.com

Kalo udah naruh barang di penginapan, kamu sewa motor aja untuk keliling Lombok, harganya sekitar Rp 50 ribu – 75 ribu sehari. Kalo rame-rame bisa juga sewa mobil, siapin budget sekitar Rp. 500 ribu udah sama sopir. Atau kalo mau lebih ngirit lagi bisa rental angkot, harganya bisa lebih murah dari sewa mobil, tapi muatnya lebih banyak. Sewa mobil 500 ribuan sehari udah sama sopir dan BBM.

Tentukan mau jelajah Lombok bagian mana. Di Lombok Barat banyak pantai cakep, di Lombok Utara naik ke pegunungan.

Lombok punya pantai-pantai cantik dan pegununangan tinggi yang menawan

Kalo udah punya alat transportasi, kamu harus tentuin kamu mau explore Lombok bagian mana. Ini nih daftarnya, tinggal pilih mau explore Lombok Barat atau Lombok Utara. Lombok Tengah bisa di-explore di hari ketiga sedangkan Lombok Timur nggak Hipwee Travel rekomendasikan karena jaraknya terlalu jauh sehingga butuh waktu lebih banyak.

Lombok Barat: Pantai Sengigi, Pura Batu Bolong, Desa Banyumulek (kerajinan gerabah), Taman Narmada, Pura Lingsar, Hutan Pusuk, Pantai Sekotong, Pantai Nambung, Gili Nanggu, Gili Kedis, Gili Tangkong, Gili Sundak, Gili Layar.

Lombok Utara: Bukit Malimbu, Gunung Rinjani, Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Sekeper, Air Terjun Penimbungan Torean, Air Terjun Tiu Teja, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air

Kalo mau dapet banyak destinasi, berarti di satu destinasi mesti sebentar. Kalo mau santai, pilih aja satu atau dua destinasi dan maksimalin menjelajah lokasi tersebut.

Nyebrang ke Gili Trawangan dengan cara sewa kapal dari Pantai Senggigi atau pakai public boat dari Pelabuhan Bangsal. Opsi kedua lebih murah.

Nyebrang ke Gili Trawangan, antara sewa kapal atau pakai public boat via www.setapakkecil.com

Hari kedua nyebrang ke 3 gili. Sebenernya di Pantai Senggigi ada pelabuhan dengan fasilitas kapal yang bisa membawa kamu langsung nyebrang ke Gili Trawangan. Tapi kapalnya mesti sewa, kira-kira sekitar Rp. 900 ribu. Kalo mau opsi lebih murah, kamu bisa naik travel lokal seharga Rp. 80,000 ke Pelabuhan Bangsal. Pagi-pagi udah harus berangkat ya, karena travel ini cuma beroperas 2 kali di pagi hari.

Dari Bangsal ada public boat yang beroperasi dari jam 9 pagi sampai jam 17 sore dengan harga sekitar Rp. 15 ribu – 20 ribu. Waktu tempuh dari Bangsal ke Gili Trawangan sekitar 30 menit. Kamu juga bisa carter kapal dari Bangsal ke Gili Trawangan dengan harga sekitar Rp 500 ribu untuk sekali jalan, dan Rp 950 ribu untuk pulang-pergi.

Jelajah Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno seharian. Bisa ikut tur snorkeling dan island hopping, atau keliling pulau naik sepeda, atau dua-duanya.

Jelajah 3 Gili seharian sampe puas via www.setapakkecil.com

Sebaiknya kamu nginep sekalian di Gili Trawangan. Ada banyak pilihan untuk penginapan di Gili Trawangan. Kalo tanpa fan dan letaknya agak ke dalam harganya sekitar Rp 100 ribuan. Kalo mau pake AC harganya sekitar Rp 300 ribuan. Kalo mau yang mewah, di pinggir pantai, punya kolam renang juga ada.

Kamu bisa ikut tour ke Gili Air dan Gili Meno sekalian snorkeling dengan ikutan tur lokal. Biasanya tur berlangsung selama 3 jam dengan harga sekitar Rp. 150,000. Alat snorkeling sewa sendiri ya, banyak banget yang sewain di Gili Trawangan. Kamu juga bisa keliling pulau naik sepeda. Harga sewa sepeda sekitar Rp. 50 ribu – 75 ribu untuk satu hari penuh.

Hari terakhir, antara puas-puasin main di Gili Trawangan atau explore Lombok bagian Tengah.

Puas-puasin explore Lombok via www.setapakkecil.com

Usahain kamu balik dari Lombok di sore hari atau di malam hari. Kamu bisa maksimalin hari ketiga ini dengan tetep main-main di Gili Trawangan sampe siang, atau balik ke Lombok pagi-pagi dan jalan-jalan lagi di area ini.

Lombok Tengah: Desa Sade (kampung adat Suku Sasak), Desa Sukarara (tenun tradisional), Pantai Selong Belanak, Pantai Kuta, Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai Batu Payung, Pantai Seger, Pantai Semeti, Pantai Mawun, Pantai Mawi, Pantai Gerupuk, Air Terjun Benang Kelambu, Air Terjun Benang Stokel, TWA Gunung Tuwak (termasuk Pantai Bilasayak), Pantai Pengempos (Pengolong).

Meskipun area Lombok Tengah letaknya cenderung dekat dengan bandara, tapi sebaiknya kamu pilih maksimal 3 destinasi aja biar nggak ketinggalan pesawat. Atau kalo kamu balik dengan jalan darat ke arah Pelabuhan Lembar, biar nggak kemaleman.

Harga makanan di Lombok bervariasi dari mulai murah sampe mahal ada semua. Tapi perlu diketahui bahwa harga makanan termurah di Lombok sedikit lebih mahal kalo dibanding di Jawa, khususnya di Jogja dan Solo. Kalo dihitung-hitung budget satu jutaan rupiah udah bisa buat liburan 3 hari 2 malam di Lombok lho. Harga ini jelas sangat worthed it dengan pengalaman yang kamu dapat selama liburan di Lombok. Tunggu apa lagi? Yuk rencanain liburan ke Lombok.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya



[ad_2]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here