Panduan Naik MRT di Singapura Buat Newbie Backpacker
Panduan Naik MRT di Singapura Buat Newbie Backpacker

Travel Blog Reservasi – Keberadaan MRT atau kereta cepat di Singapura menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Alat transportasi umum ini sangat memudahkan pengunjung. Stasiunnya tersebar di banyak tempat, mudah dijangkau saat sedang berpetualang keliling Singapura.

Baca Lebih Hemat, Cari 7 Hotel di Singapura Dekat Stasiun MRT

Buat kamu yang baru pertama kali backpackeran ke Singapura, simak panduan naik MRT berikut ini dari Reservasi.com.

Jangkau stasiun terdekat dengan berjalan kaki

Untuk menjangkau stasiun MRT terdekat, kamu harus mengunduh peta wisata Singapura atau membukanya secara online. Pilih stasiun terdekat yang bisa kamu jangkau dengan berjalan kaki.

Sistem MRT di Singapura adalah jaringan dengan banyak jalur. Misal kamu nggak berada di dekat stasiun yang sesuai tujuan, jangan khawatir. Naik saja dulu, lalu pilih titik transit yang dilalui jalur tujuanmu.

Baca baik-baik peta jaringan MRT

Peta jaringan MRT wajib banget kamu miliki sebelum bepergian di Singapura. Jalurnya dibagi menjadi 7 dengan penanda warna yang berbeda. Ada ungu, merah, kuning, hijau, biru, coklat dan abu-abu.

Tiap jalur memiliki titik persimpangan dengan jalur lain, untuk memudahkanmu berpindah kereta. Jadi nggak perlu berjalan kaki lagi ke stasiun berikutnya, pilih transit di jalur yang sesuai tujuanmu berikutnya.

Beli tiket atau kartu turis

Tiket MRT bisa dibeli langsung di loket stasiun, atau gunakan kartu turis yang lebih banyak diminati wisatawan. Kartu turis atau lebih populer dengan sebutan EZ Link ini bisa dibeli di stasiun.

Kamu cukup mengisi ulang saldo EZ Link agar bisa terus digunakan di fasilitas transportasi. Sisa saldonya bisa diuangkan lagi, kok.

Lakukan check in

Setelah memiliki karcis atau EZ Link, lakukan check in untuk menunggu kereta datang, berdirilah di belakang garis batas berwarna kuning yang sudah disediakan. Jaga selalu ketertiban ya, Singapura termasuk negara yang rapi dan membudayakan antre.

Patuhi aturan di dalam kereta

Kalau di Indonesia bisa sambil makan dan minum di dalam transportasi umum, hal ini nggak bisa kamu lakukan di dalam MRT. Toh, jarak dan waktu tempuhnya relatif cepat. Jadi kamu bisa makan nanti setibanya di tempat tujuan.

Langkah-langkahnya mudah kan? Nggak perlu bingung lagi deh saat berwisata ke Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here