peradaban agama islam di eropa

jadibegitu.com – Ketika Islam mulai memasuki masa kemunduran di daerah Semenanjung Arab, bangsa-bangsa Eropa justru mulai bangkit dari tidurnya yang panjang, yang kemudian banyak dikenal dengan Renaissance. Kebangkitan tersebut bukan saja dalam bidang politik, dengan keberhasilan Eropa mengalahkan kerajaan-kerajaan Islam dan bagian dunia lainnya, tetapi terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Harus diakui, bahwa justru dalam bidang ilmu dan teknologi itulah yang mendukung keberhasilan negara-negara baru Eropa.

Dari Spanyol Islam itulah Eropa banyak menimba ilmu pengetahuan. Ketika Islam mencapai masa keemasannya, kota Cordoba dan Granada di Spanyol merupakan pusat-pusat peradaban Islam yang sangat penting saat itu dan dianggap menyaingi Baghdad di Timur. Ketika itu, orang-orang Eropa Kristen, Katolik maupun Yahudi dari berbagai wilayah dan negara banyak belajar di perguruan-perguruan tinggi Islam di sana. Sampai saat ini pun masih banyak Peninggalan Peradaban Islam yang masih ada. Berikut jadibegitu jelasin

1. Masjid-Katedral Mezquieta, Cordoba

Masjid-Katedral Mezquieta, Cordoba

Cordoba adalah kota yang pernah dijuluki sebagai kota 1000 cahaya. Jika dari Madrid perjalanan ke Cordoba kurang lebih ditempuh selama 1 jam dengan menaiki kereta cepat. Di kota ini terdapat sebuah bangunan megah yaitu katedral mezquita peninggalan islam berupa masjid yg terletak di Cordoba terletak di sebelah tenggara kota Madrid. Salah satu peninggalan islam ini dibangun pada masa pemerintahan raja Abdurrahman I tahun 1936 M dimana saat itulah puncak kejayaan islam di eropa.

Bangunan Mezquita sendiri memadukan berbagai gaya asitektur yang menakjubkan, yakni perpaduan Arsitektur Gotik, Arsitektur Barok, Arsitektur Renaisans, Arsitektur Islam. Mozqueta dibangun oleh para arsitek terkemuka di Andalusia saat itu, di antaranya HernĂ¡n Ruiz the Younger, Hernan Ruiz the Elder, Hernan Ruiz III dan lainnya.

2. Kota Tua Bernama Medina Azahara

Kota tua Medina Azahara

Medina Azahara dibangun pada zaman Kekhalifahan Umayyah di Spanyol pada abad ke-10 di dekat kota Cordoba. Pada Minggu, tanggal 1 Juli 2018, UNESCO menetapkan Medina Azahara sebagai Situs Warisan Dunia. Medina Azahara merupakan simbol kekuasaan Kekhalifahan Abbasiyah yang berpusat di Baghdad, tapi dihancurkan kurang dari seabad kemudian dalam perang saudara yang mengakhiri apa yang disebut kekhalifahan Cordoba.

Kota Medina Azahara dibangun di atas tanah seluas 115 hektar dan hanya 10 persen yang telah digali. Kata UNESCO situs bangsa Moor dari abad ke-10 itu nantinya akan menunjukkan bagaimana peradaban Islam di dunia Barat pada masa jayanya.

Baca Juga :
4 KEAJAIBAN DUNIA YANG BARU TERUNGKAP SAAT INI DI 2019
5 ALASAN MENGAPA IBU KOTA INDONESIA PERLU PINDAH DARI JAKARTA KE LUAR JAWA.
5 PENEMUAN DI ABAD 19 YANG MASIH DIPAKAI HINGGA SAAT INI

3. Istana Topkapi

Istana Topkapi turki

Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II. Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Pada puncaknya, istana ini dihuni oleh 4.000 orang. Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, istana digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan. Sekarang menjadi daya tarik wisata dan berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad.

Setelah jatuhnya Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan museum berdasarkan dekret pemerintah tanggal 3 April 1924. Istana ini merupakan bagian dari “Wilayah Bersejarah Istanbul”, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Blue Mosque (Masjid Sultan Ahmed)

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)

Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I, yang kemudian menjadi nama masjid tersebut. Ia dimakamkan di halaman masjid. Masjid ini terletak di kawasan tertua di Istanbul, di mana sebelum 1453 merupakan pusat Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantin/Bizantium. Berada di dekat situs kuno Hippodrome, serta berdekatan juga dengan apa yang dulunya bernama Gereja Kristen Kebijaksanaan Suci (Hagia Sophia) yang sekarang diubah fungsinya menjadi museum.

Btw kamu udah join grub WhatsApp Jadibegitu Community Belum? Kalo belum yuk gabung cuy!. Gabung Komunitas Sekarang | Ikuti Di Instagram

Penulis Rismanda Armansyah
Editor Faizal Rachman Amirullah

Seorang Pemuda yang haus akan Ilmu dan Pengetahuan. Mengarungi luas nya samudra maya yang tak akan ada habisnya. Kopi teman setia. Frontend Developer dan UI/UX yang memiliki hoby Menulis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here