Menjaga pola makan sehari-hari akan membantu tubuhmu jadi lebih sehat, berat badan pun bisa berkurang. Tapi, gimana dengan kondisi kesehatan kulit? Banyak yang bilang bahwa diet terlalu keras bisa bikin kulit jadi kering dan kusam, nggak jarang rambut juga jadi mudah rontok. Benarkah begitu?

Kalau kamu pernah mengalaminya, itu bisa jadi sebuah tanda bahwa dietmu bukanlah diet yang baik. Karena, pola makan yang sehat sesungguhnya akan memberi dampak yang sangat baik pada kulit. Kulit bisa jadi lebih bercahaya dan jerawat pun malas berkunjung!

Saya pribadi termasuk yang rajin merawat kulit. Tapi jerawat tetap saja datang! Nah, ternyata sepanjang yang saya perhatikan, jerawat-jerawat itu selalu muncul ketika pola makan saya berantakan, selain saat PMS atau menstruasi.

Seperti apa pola makan kacau versi saya? Ketika saya sedang terus-menerus makan makanan yang saya suka: menu yang kejunya berlimpah, masakan Indonesia yang pedas, bersantan dan berminyak, chips, dan dessert seperti es krim atau cake. Saya kemudian menyimpulkan bahwa mereka adalah penyebab jerawat-jerawat yang muncul di area dagu, pipi dan hidung saya, yang bekasnya jauh lebih susah disingkirkan dibanding jerawatnya itu sendiri! Ada yang punya masalah sama?

Akhirnya saya bertanya kepada ahlinya, salah seorang nutritionist ternama dan pemilik Lighthouse Clinic, Dr. Grace Judio. Sebenarnya, sebesar apa sih pengaruh menjaga pola makan ke dalam tampilan kulit? Apa yang harus dikurangi dan dimakan lebih banyak?

dr grace judio

“Kalau kamu sering makan makanan berlemak, jangan heran bila jerawat bermunculan. Makanan berlemak bersifat memicu peradangan atau inflamasi di dalam tubuh. Makanan yang digoreng membuat keseimbangan omega 3 dan omega 6 terganggu. Pada orang yang kulitnya sensitif, akan cepat sekali terjadi radang, apalagi kalau pori-porinya tertutup sebum berlebihan,” ujar Dr. Grace.

“Sementara itu, produk dairy dan makanan yang tinggi gula bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Insulin menaikkan hormon estrogen dan hormon growth, sehingga keseimbangannya terganggu (seperti pubertas). Hasilnya, kulit jadi lebih berminyak,” imbuhnya.

Jadi, jelas kan, kalau makanan tertentu memang menghambat kita buat punya kulit flawless! Tapi, diet juga tidak boleh dilakukan sembarangan karena kondisi tubuh dan kulit akan berubah drastis bila sebagian zat-zat dipangkas seenaknya.

Dr. Grace mengungkapkan, “Diet yang menyebabkan rambut rontok, kulit kering, kuku pecah-pecah dan mens terganggu artinya dilakukan dengan tidak tepat. Tubuh jadi kurang nutrisi. Kekurangan protein bisa berbahaya karena protein berfungsi mengikat akar rambut sehingga nggak gampang tercabut. Protein, vitamin K, dan vitamin E penting dalam pembuatan hormon dan kulit. Kekurangan lemak bisa menghambat penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, vitamin B (sumber utama: nasi dan biji-bijian), A dan E yang kurang juga akan membuat regenerasi kulit terganggu.”

Jadi walaupun kamu diet, kamu tidak boleh kekurangan lemak. Kalau memaksa diri makan sayuran rebus atau sayuran mentah tanpa dressing, regenerasi kulit malah melambat lho! Akibatnya, bekas jerawat, bekas luka, dan noda-noda gelap malah susah menghilang dari kulit.

Kamu memang harus menimbang-nimbang kembali makanan apa saja yang akan kamu pangkas. Ini dia beberapa asupan yang bukan hanya bagus bagi kesehatan tubuh, tapi juga akan membuat kulitmu glowing dan sehat. Jadi, konsumsinya bisa ditingkatkan mulai sekarang!

  1. Yogurt Low-Fat

Vitamin A sangat krusial untuk kesehatan kulit. Nah, ternyata, vitamin A pada produk dairy adalah salah satu sumber yang terbaik, selain wortel. Kamu bisa mengonsumsi produk dairy yang rendak lemak, jangan tanpa lemak. Yogurt low-fat kaya akan vitamin A yang akan menstimulasi produksi sel kulit, dan juga mengandung acidophilus, bakteri baik yang sangat bermanfaat buat kesehatan pencernaan. Seseorang yang pencernaannya sehat, kulitnya akan sehat juga, lho! Kamu bisa mencampur yogurt itu dengan buah biar lebih lezat dan bernutrisi untuk dikonsumsi saat sarapan atau sebagai cemilan sore.

oat-granola-with-berries-yoghurt_80013-492

  1. Hebatnya Buah Berry

Coba deh sesekali mengalokasikan uang jajan es kopi susumu untuk membeli buah berry di supermarket. Ngemil buah strawberry, blueberry, dan blackberry bukan hanya membantu kamu mengurangi keinginan ngemil manis-manis, tetapi juga sama saja membanjiri tubuhmu dengan antioksidan. Antioksidan sangat hebat dalam melindungi kulit dari radikal bebas seperti paparan sinar matahari berlebihan dan tanda-tanda penuaan dini. Kalau kamu mengonsumsinya setiap hari, kulitmu akan selalu tampak segar dan muda.

berries-fruits-against-white-background_13339-269895

  1. Asam Lemak Esensial

Essential fatty acid atau asam lemak esensial sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan membran sel, yang akan menjadi dinding perlindungan terhadap hal-hal berbahaya bagi tubuh dan kulit. Sel membran tersebut juga menjaga kadar air dalam tubuh sehingga semakin kuat barrier-nya maka semakin baik sel tersebut dalam menjaga kelembapan. Kulit akan tetap lembap, lembut, dan kenyal! Sumber asam lemak esensial yang kaya omega-3 dan omega-6 ada di kacang-kacangan seperti walnut, biji-bijian seperti flaxseed dan ikan laut segar seperti salmon.

baked-salmon-fish-fillet-with-tomatoes-mushrooms-spices-diet-menu_2829-1051

  1. The Mighty Green Tea

Jangan cuma rajin pakai sheetmask dengan kandungan teh hijau ya, tapi sebaiknya konsumsi langsung! Secangkir teh hijau tanpa gula setiap hari mampu membuat tubuhmu memiliki banyak anti-inflamasi, melindungi sel membran, dan bahkan mencegah kanker kulit! Teh hijau juga bisa mengurangi risiko kerusakan kulit yang diakibatkan sinar UV lho. Jadi, selalu siapkan sekotak teh hijau di atas meja kerjamu, dan selalu pilih hot ocha saat kamu menikmati sushi kesukaan ya!

dessert-tasty-liquid-dinnerware-saucer_1172-459

 

  1. Air, Air, Air!

As we all know, cukup minum air putih sangat baik dalam menciptakan tubuh yang bugar dan kulit yang segar. 8-9 gelas sehari sangat disarankan untukmu. Apalagi kalau sedang diet, air putih tidak boleh kurang karena kamu akan berpotensi dehidrasi. Jumlah itu hanya air putih saja ya, tidak termasuk jus, soda, teh, kopi atau makanan berkuah. Pencernaan jadi lancar, sel kulit juga bahagia!

A glass of water macro shot

Coba deh 5 tips di atas, lalu ceritakan di komen tentang perubahan pada kulitmu!

 

Image: Courtesy of Lighthouse Clinic, Freepic.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here