lebaran bersama keluarga
lebaran bersama keluarga

Jadi Begitu – Halo sobat Jadibegitu gak kerasa nih udah mau lebaran aja, Kamu yang udah sebulan full kerja pasti udah ngerasain THR dari si Bos. THR Itu datang nya cepat, Ilang nya juga cepat hehe. Ketika kita udah bahagia dengan cair nya THR, ada satu lagi masalah yang selalu muncul “Gimana yah tips nya meng-atur uang THR kita agar semua terbagi rata?” Takutnya kalo dibuat beli baju baru, nanti yang ada di Hari Lebaran kita gelabakan ngasih THR ke Anak – anak kecil.

Mumpung lebaran masih H-5 lagi, Jadibegitu mau ngasih tips nya Supaya Uang THR Ngga cepet abis sama Hal – hal yang gak penting alias atur uang THR kita terbagi rata semua, Gimana Cara-nya? Yuk Simak gan

1. Beli Baju Lebaran Kalo Dirasa Perlu aja Gan!

beli baju lebaran pasar
Pasar Baju Selalu Ramai Menjelang Lebaran

Antara penting dan nggak penting tapi hal yang satu ini menjadi aktivitas rutin tatkala menjelang lebaran, beberapa emak-emak pun rela berdesak-desakan demi berburu baju lebaran. Sebelum membelanjakan uang THR yang kita terima alangkah baiknya pertimbangkan banyak hal gan, mulai dari harga sampai dengan perlu atau tidaknya membeli baju baru untuk dipakai di hari raya. Apabila baju lebaran tahun kemarin masih bagus dan tetap oke, mendingan jangan hamburkan duit untuk berbelanja pakaian! Mending beliin baju untuk keluarga ataupun keponakan gan, dengan begitu maka keponakan dan keluarga kita pasti bakal demen banget tuh!

2. Siapin Uang THR Buat Mudik

Mudik Bersama Keluarga
Sisihkan Uang THR Untuk Mudik ke Kampung Halaman

Apakah mudik sebuah keharusan? Tentu, bagi mereka yang punya kampung halaman, tapi kalo kalian yang gak mudik ke kampung malahan bakal asik dong, karena ga mengeluarkan budget untuk beli tiket mudik. Bagi Kalian agan – agan ganteng yang berencana mudik, alokasikan budget untuk mudik, entah itu untuk membeli tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus, ataupun beli bahan bakar karena mudik dengan bawa kendaraan sendiri.

3. Jangan Lupa Kasih Jatah Ke Emak Gan!

lebaran bersama emak
Tak akan pernah habis harta kita ,jika kita sisihkan untuk Orang Tua

Kalian pasti udah paham deh yah kan, kalau yang namanya lebaran identik dengan ketupat sayur, lontong sayur, dan opor ayam. Selain itu, ruangan meja tamu pun udah pasti penuh dengan sajian berbagai cemilan khas lebaran, kue rengginang, nastar, biskuit dan sebagainya. Semua itu tentu butuh budget agar dapur ngebul dan meja makan penuh sajian, ya kan? Makanya ketika terima THR agan pun juga jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk diberikan kepada orang tua kita agar menu lebaran tetap aman

4. Sisain Uang THR Buat Tuker Uang Pecahan

THR Uang Pecahan
THR Uang Pecahan via Goodnews From Indonesia

Ini sangat penting ternyata gan buat kalian yang punya adek – adek yang masih kecil atau punya keponakan kecil – kecil, Belom lagi yang ada di Kampung Halaman gan, Tetangga sebelah bocil – bocil keliling, Kebiasaan terbukti ampuh gan, Udah ane buktiin selama 2 tahun lalu ketika dapetin uang THR maka ane bakal menyisihkan beberapa persen untuk ditukar ke dalam uang rupiah pecahan. Misalkan gocengan, 10 ribuan, atau dua ribuan. Dengan begitu maka ane bisa bagi-bagi rejeki ke keponakan-keponakan, meskipun dikit tapi mereka bahagia koq gan soalnya kan emang dapetinnya duit baru semua!

5. Pastikan Pulsa & Kuota Data Aman, Supaya bisa maaf – maafan Online

Beli Kuota Untuk Lebaran Online
Jangan Lupa Beli Kuota Untuk Lebaran Online

Lebaran bukan hanya soal baju baru atau hidangan opor ayam saja kan, terpenting adalah momen bermaaf-maafan ke semua orang. Di hari yang fitrah ini pun sudah menjadi tradisi untuk bersalam-salaman sambil saling memaafkan atas kekhilafan selama ini. Karena jaman udah canggih, lebaran pun nggak cuman lewat offline dengan ketemu dan bermaaf-maafan aja gan! Tapi kemajuan teknologi pun bisa ber-lebaran dengan berkirim pesan dan mengucapkan lebaran ke teman, kerabat, atau gebetan melalui telepon. Makanya nih gan, lebaran pun penting buat isi pulsa & kuota data internet agar lebaran makin lancar jaya.

6. Yang Terakhir Jangan Lupa Buat Bayar Zakat Fitrah Ya Gan

Zakat Fitrah Berupa Beras
Zakat Fitrah Berupa Beras via MNC Update

Menunaikan zakat merupakan rukun islam yang ke 4, dimana zakat fitrah pun menjadi penyempurna ibada puasa (Bagi yang menjalakan puasa Ramadan). Untuk agan yang dapetin THR dari tempat kerjanya, wajib nih gan untuk mengalokasikan dana untuk mengeluarkan zakat. Zakat Fitrah sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan beras ataupun berupa uang, kalau memang rejeki lagi ada mending beliin beras dan nantinya agan bisa membuat satu keluarga di rumah untuk membayar zakat fitrah.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan tips atur Uang THR kita bisa terbagi rata Gan, jadi dengan cara begitu maka bisa membahagiakan diri kita sendiri, orang lain, dan keluarga. Bahkan terkadang ane sendiri pun kalau masih ada sisa yah pasti bakal ane tabungkoq gan, lumayan lah bisa buat pegangan kalau lagi ada kebutuhan mendesak.

Seorang Pemuda yang haus akan Ilmu dan Pengetahuan. Mengarungi luas nya samudra maya yang tak akan ada habisnya. Kopi teman setia. Frontend Developer dan UI/UX yang memiliki hoby Menulis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here