tips mengerjakan tugas kuliah

jadibegitu – Kuliah memang selalu memiliki tantangannya sendiri, apalagi karena tugas. Kadang rasanya ingin bermalas-malas saja, tapi apa daya, daripada ipk jeblok bahkan lebih parah lagi harus ngulang disemester selanjutnya. Tak tanggung-tangung, dosen biasanya juga ngasih tugas dan meminta dikumpulkan sesuai dengan apa yang diminta.

Belum lagi banyak tugas juga dari mata kuliah lainnya. Apalagi saat ini udah akhir-akhir semester, tugas sudah menunggu untuk dikerjakan nih. Jadi, simak hal yang perlu kamu ketahui sebelumnya.

1. Sediakan Dirimu Untuk Tugasmu.

Siapkan Dirimu (get started)
Andrew Neel @andrewtneel From Unsplash

Sesibuk-sibuknya kegiatan lain, tugas akademik adalah hal yang perlu kamu utamakan. Sebaik-baiknya organisasi yang kamu ikuti, lebih penting lagi tugas yang bisa menuntunmu pada ijazah yang diawal masuk ingin kamu raih. Jadi, sediakan dirimu untuk tugasmu dulu baru mengerjakan hal lainnya.

2. Buatlah Timeline Yang Dimana Kamu Bisa Mengerjakannya Tanpa Harus Molor.

Deadline Tertata
Startup Stock Photos From Pexels

Jika kamu udah bingung harus gimana, ada baiknya kamu buat jadwal yang dimana kamu sendiri bisa memenuhinya untuk mengerjakan tugas itu sendiri.

3. Kerjakan Secara Berkala, Jangan Dilakukan Diakhir-akhir Deadline. Apalagi Yang Semalam Kelar, Duh.

Rasa Malas Mengerjakan Tugas
energepic.com From Pexels

Jangan mengerjakan tugas hanya dimalam terakhir sebelum dikumpulkan. Ini hanya akan menyiksamu cuy, alangkah baiknya kerjakan secara berkala. Sekejam-kejamnya dosen memberikan tugas, pasti ada rasa kemanusiaan yang bisa memanusiakanmu loh. Hehehehe.

4. Carilah Referensi Sebanyak Mungkin.

Cari Referensi
From Pixabay

Manfaatkan Layanan Perpustakaan Kampus, Kan Banyak Buku Yang Bisa Dibaca Sekalipun Dipinjam Gratis. Daripada Hanya Mengandalkan Internet Yang Belum Tentu Bisa Dijamin Keasliannya.

Baca Juga:

5. Nyamankan Dirimu Lebih Dari Rasa Nyamannya Rebahan.

Senyaman Rebahan
Sam Solomon @samsolomon From Unsplash

Ini Juga Sangat Menunjang Cuy, Memang Rasa Paling Nyaman Dan Nikmat Di Dunia Ini Adalah Rebahan Dikamar. Maka Dari Itu, Ciptakan Suasanya Yang Lebih Nyaman Untuk Mengerjakan Tugasmu.

6. Rasa Malas Hanya Akan Menjerumuskanmu Pada Plagiarisme.

Menghindari Plagiarsm
Chan @chanportofolio From Unsplash

Ini nih, guna timeline dan rasa nyaman tadi akan menghidarkan kamu dari rasa malas dalam menyelesaikan tugasmu. Rasa malasmu hanya akan menjadikan kamu sebagai plagiator.

7. Jangan Menginginkan Hasil Yang Sempurna, Itu Hanya Milik Tuhan.

Perfect Hanya Milik Tuhan
Pixabay Official From Unsplash

Namanya juga belajar cuy, jangan mengejar sempurna. Asalkan kamu paham itu sudah sangat baik.

Itulah Sedikitnya Gambaran Tentang Apa Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengerjakan Tugas, Gimana? Sedikit Membantu Kan?