Oleh Rudi Hartono

Tips belanja atau shopping dapat meliputi berbagai macam topik; mulai dari perencanaan hingga bujet yang harus Anda sediakan guna memenuhi kebutuhan serta perjalanan pengalaman belanja anda. Berbelanja busana maupun perlengkapannya dapat menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan terutama untuk wanita, namun sekaligus menjadi hal yang menyulitkan jika tanpa perencanaan. Maka berapapun dana yang anda bawa dapat lenyap dalam waktu sangat singkat.

Berikut ini beberapa tips berbelanja cerdas atau smart shopping yang dapat diterapkan untuk berbelanja dengan baik, efektif dan cerdas tentunya.

Rencanakan Apa yang Anda Butuhkan

Salah satu tips dalam melakukan smart shopping adalah dengan merencanakan pembelian anda dengan baik. Sebelum anda masuk ke dalam petualangan belanja anda, rencanakan terlebih dahulu mengenai hal apa saja yang ingin anda miliki. Tulislah beberapa daftar dari barang barang yang anda inginkan dan jangan lupa untuk membuat rencana bujetnya. Terkadang, pembelian yang tiba-tiba dapat menjadi pembelian yang paling buruk alias tanpa rencana. Jadi, fokuslah pada hal spesifik yang anda butuhkan lebih utama dari yang anda inginkan. Menunda suatu pembelian dapat menjadi sebuah strategi tepat dalam memaksimalkan nilai uang anda.

Menunggu penawaran diskon adalah sikap bijaksana dalam menyikapi keuangan pribadi. Tantangan terbesarnya berada pada perasaan takut kehilangan, memang benar terkadang menunda pembelian suatu produk karena menunggu penawaran diskon justru membuat sebagian konsumen tidak dapat memiliki barang yang diinginkannya. Oleh karena itu tips terbaiknya adalah membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Jika memang benar anda membutuhkannya apalagi mendesak, maka keputusan pembelian harus segera dilakukan. Namun jika tidak mendesak maka menunggu penawaran diskon dapat menjadi pilihan yang bijaksana.

Hal yang disayangkan sesungguhnya berada pada kesulitan konsumen dalam memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Perhatikan contoh berikut ini; bila anda membutuhkan alat komunikasi guna menunjang aktivitas kerja, maka ada banyak pilihan harga dan merek di pasaran. Dimulai dengan merek terkenal hingga merek yang mungkin baru anda dengar. Biasanya merek terkenal disertai dengan nilai harga yang sangat tinggi, begitu pula sebaliknya dengan merek yang kurang bahkan tidak terkenal disertai dengan nilai harga yang rendah.

Sudah menjadi paradigma umum di masyarakat bahwa merek terkenal disertai nilai harga yang tinggi memiliki kecenderungan kualitas yang tinggi juga, apakah sudah pasti seperti itu ? Jawabannya adalah, belum tentu.

Melalui era keterbukaan informasi disertai dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak produsen alat komunikasi menciptakan produk-produk berkualitas.

Dengan jangkauan nilai harga yang lebih luas terjangkau oleh konsumen, menambah sengitnya persaingan usaha dalam industri telekomunikasi. Guna meraih kepercayaan pasar, tidak sedikit dari produsen baru tersebut melengkapi produk barunya dengan teknologi terbaru yang juga sama terdapat dalam produk-produk merek premium. Perbandingan dalam segi kualitas, tentu tidak kalah mengingat merek baru yang hendak merebut pasar komunikasi ini berjuang untuk memenangkan hati konsumen.

Kembali kepada pembahasan kita mengenai kemampuan konsumen dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginannya atas kebutuhan busana. Bila anda membutuhkan sekedar busana tanpa tuntutan gaya hidup dengan nilai yang tinggi, maka keputusan pembelian dapat lebih diutamakan kepada fungsi dari busana tersebut dengan menyampingkan icon dari suatu merek tertentu. Selain fungsi menjadi pertimbangan utama, kenyamanan busana saat digunakan menjadi penentu keputusan pembelian. Terlebih lagi saat ini di mana penggabungan antara kualitas, gaya dan harga yang ekonomis sudah banyak tersedia guna memenuhi kebutuhan belanja cerdas.

Gunakan Outfit yang Tepat

Melakukan smart shopping bukan hanya tentang membeli barang barang yang sesuai, tapi pastikan juga apa yang anda kenakan di hari saat berbelanja tidak mengurangi kenyamanan. Anda dapat menggunakan setelan terpisah dan yang direkomendasikan adalah menggunakan dalaman dengan warna nude, karena hal ini akan mudah dipadu padankan dengan pakaian warna apapun. Selain itu, pastikan make-up anda tidak terlalu berat alias natural untuk menghindari make-up tersebut berbekas di pakaian anda.

Pilihan busana berbahan ringan tanpa ornamen berlebihan dapat menjadi penunjang pergerakan anda. Busana dengan fleksibilitas yang baik tentunya akan meningkatkan kenyamanan. Walaupun pada akhirnya semua kembali kepada gaya busana pribadi masing masing orang, pemakaian busana yang tepat disesuaikan dengan situasi serta kondisi dapat menentukan nilai pribadinya.

Cobalah Banyak Jenis Ukuran

Ambil lebih dari satu ukuran saat anda ingin mencoba pakaian di ruang ganti. Ini merupakan salah satu tips smart shopping saat anda ingin membeli pakaian. Mengapa? Hal ini dikarenakan ukuran yang ada di beberapa toko dan merek tidak dapat konsisten. Contohnya, ukuran anda yang biasanya bisa jadi bukanlah ukuran yang terbaik untuk anda. Anda dapat mengambil ukuran yang lebih besar atau kecil untuk memastikan bahwa anda memilih pakaian yang paling tepat dan nyaman untuk digunakan.

Selain pertimbangan ukuran, kejelian dalam melihat potongan busana juga menjadi fokus perhatian berikutnya. Belum tentu busana menarik di etalase melalui penampilan manekin, menjadi menarik juga saat anda menggunakannya. Memaksakan diri membelinya karena motif busana yang menarik padahal menjadi tidak menarik saat berada di tubuh anda, dapat membuat pengeluaran menjadi tidak efektif tanpa manfaat.

Rasakan Bahan Pakaian yang Digunakan

Jika anda termasuk pribadi dengan masalah kulit yang sensitif, maka tips yang satu ini wajib untuk dilakukan. Cobalah pakaian tersebut dan lihat apakah terjadi beberapa masalah pada kulit sesaat setelah anda memakainya. Hal ini untuk memastikan bahwa bahan pakaian tersebut tak akan menimbulkan iritasi atau abrasi pada kulit anda. Beberapa teknik pewarnaan dengan kualitas tertentu mungkin saja tidak dapat diterima oleh kulit yang sensitif.

Berbelanja Sendiri, Kenapa Tidak?

Tidak ada ketentuan berbelanja harus ditemani oleh teman apalagi oleh banyak orang bukan? Terkadang, berbelanja dengan orang lain atau teman teman dapat membuat anda teralihkan perhatiannya atau menggantungkan kepada opini orang lain. Jika anda berbelanja sendiri, maka anda bisa lebih fokus dan akan lebih mudah untuk percaya kepada naluri anda ketika anda mulai berpikir harus atau tidak untuk membeli sebuah pakaian. Selain itu, biasanya anda juga akan terhindar dari perasaan bersalah akibat membeli atau tidak membeli sesuatu karena semua pasti sudah anda pikirkan dengan perencanaan yang matang dan diperkuat dengan keputusan anda.

Lima tips smart shopping di atas dapat dengan mudah untuk dilakukan dan dapat membantu menghindarkan anda dari kerugian akibat tindakan pembelian busana yang tidak tepat. Hasilnya? Menjadi konsumen yang cerdas dalam membelanjakan uang dapat menjadi pilar kekuatan ekonomi keluarga untuk mempersiapkan masa depan lebih baik.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.


Berikan penilaian mengenai Artikel ini:

[Penilaian Rata-rata: 4.9]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here