skripsi anak kuliah macbook jadibegitu
Photo by Matt Ragland on Unsplash

jadibegitu.com – Bagi sebagian mahasiswa, skripsi adalah momok yang menakutkan. Hal ini biasanya disebabkan oleh stigma mahasiswa itu sendiri. Pada pedoman perkuliahan, skripsi adalah hal yang wajib dilakukan sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar sarjana atau setaranya. Berikut ada beberapa tips dan cara dalam menghadapi / selesaikan skripsi. So, kamu gak perlu takut lagi dengan skripsi yang akan kamu hadapi.

1. Tentukan Judul Yang Paling Realistis

Ini sangat mendongkrak kamu dalam pengerjaan. Yap, judul adalah hal yang paling pertama dilihat oleh dosenmu. Jadi penggunaan judul disini sangat disarankan sesuai dengan orientasi yang kamu tempuh dalam perkuliahan.

2. Buatlah Target Yang Dimana Kamu Sendiri Bisa Menyelesaikan

Masalah utama dalam mengerjakan skripsi adalah rasa malas. Guna dari target yang kamu tentukan itu sebagai acuan dalam progress skripsimu. Gak perlu teralu muluk-muluk. Selesaikan saja dalam sebulan misalnya bab 1-3, yang dimana kamu sendiri bisa menyangupinya.

3. Carilah Bantuan Tentang Apa Yang Kamu Riset

Bala bantuan sangat berharga dalam pengerjaan skripsimu. Carilah teman yang mampu membantumu dalam riset, semisal kamu melakukan riset pada suatu desa, maka ajaklah kawanmu yang tinggal di desa tersebut sabagai guide untuk dirimu.

4. Sesuaikan riset dengan budget yang kamu miliki

Pengerjaan skripsi tidak murah, kamu perlu mondar-mandir kesana kemari untuk observasi perihal apa yang berkaitan dengan proyekmu. Mulai ke perpustakaan mencari sumber, menemui narasumber guna wawancara, setelah itu balik lagi ke dosen pembimbingmu untuk pembinaan. Biaya akomodasi seperti halnya transportasi untuk dirimu dan suguhan makanan ringan untuk orang yang kamu wawancarai, belum lagi menemui dosen pembimbing yang dimana setidaknya kamu perlu menjilat dengan makanan favoritnya.

Baca Juga : 8 Trik Cerdas Berhemat Saat Skripsian, Biar Nggak Berulang Nge-Print ke Tukang Fotokopian

5. Perlakukan dosen pembimbingmu ibarat beliau adalah juru kunci

Setinggi-tingginya idealismu, perlu juga dikomunikasikan dengan dosen pembimbingmu. Ini bukan perkara kamu harus jinak, tetapi agar hasil risetmu juga tidak keluar wilayahnya.

6. Istirahatlah dangan cukup

Dalam proses mengerjakan skripsi memang padat dan  sangat menguras tenaga. Bagaimana tidak, dalam sehari setidaknya kurang lebih 10jam kamu akan menghadap layar laptop ataupun komputermu. Belum lagi menemui beberapa orang untuk menyelesaikan risetmu. Maka, istirahatlah dengan cukup, ingat selalu makan tepat waktu. Jatuh sakit bukan hal yang ingin kamu dapati.

7. Kendalikan dirimu dengan kesibukan diluar

Memang tidak bisa kamu menghindari dari kesibukan diluar skripsimu. Tapi, alangkah baiknya hindari dulu hal-hal yang mengganggumu dari konsentrasi untuk mengerjakan skripsi. Sekedar hangout dengan kerabat memang perlu untuk menyegarkan kembali pikiranmu, tapi jangan sampai hal itu mengganggu intensitas dirimu yaaaaa.

8. Berilah reward untuk dirimu sendiri

Setelah bertarung dengan skripsi 3-4bulan, berilah hadiah kecil-kecilan untuk dirimu. Ini berguna sebagai apresiasi untukmu perihal apa yang telah kamu perjuangkan untuk melaluinya.

Baca Juga:

Gimana, Sudah siap bertarung dengan skirpsimu cuy?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here